www.domainesia.com

Bingung Pilih Blogger Atau Wordpress ?

Bingung Pilih Blogger Atau Wordpress ?
Bingung Pilih Blogger Atau Wordpress ? - Blogger dan Wordpress adalah sebuah platform blog yang paling banyak digunakan sampai saat ini, dikutip dari startbloggingonline.com bahwa wordpress.org memiliki nilai rating 9,5/10 wordpress.com memiliki nilai rating 9/10 dan blogger.com memiliki rating 8/10. Namun, hal itu tidak akan menjadi masalah bagi Anda para pengguna dari masing-masing platform yang Anda gunakan saat ini, karena kembali kepada kita lagi dari penggunaan masing-masing platform apakah sudah memaksimalkan penggunaanya ataukah masih belum sehingga mendapatkan hasil yang maksimal.

Apa Perbedaan Wordpress.org, Wordpress.com, dan Blogger.com ?

Ternyata beda loh antara wordpress.org dengan wordpress.com, untuk mengetahuinya silahkan baca dibawah ini :

Wordpress.org

Wordpress.org merupakan sebuah platform blog premium atau berbayar, disini kita diberikan fitur yang lengkap dan kita dapat menggunakan domain sendiri dengan TLD (Top Level Domain) contohnya : ficripebriyana.com menggunakan CMS (Content Management System) ini kita tentunya memiliki hosting sendiri, sehingga penggunaannya akan lebih pribadi lagi. Dengan menggunakan platform premium tentunya kita memiliki fitur yang lebih seperti menggunakan template atau theme wordpress yang sudah disediakan ataupun kita menggunakan template dari luar dan bisa kita upload ke hosting milik kita. Oleh karena itu, penggunaan wordpress.org ini banyak digunakan oleh kalangan pembisnis atau perusahaan.

Wordpress.com

Wordpress.com tidak jauh beda dengan wordpress.org bedanya ini hanyalah platform free atau gratis, pengunaanyapun dibatasi, misalnya kita hanya dapat menggunakan template yang sudah disediakan dan kita tidak dapat menggunakan template dari luar. Contoh domain yang digunakan seperti ficripebriyana.wordpress.com namun dengan menggunakan platform gratis ini juga kita masih tetap bisa mengupgradenya ke wordpress premium untuk mendapatkan fitur yang lebih lengkap lagi.

Blogger.com

Blogger.com merupakan salah satu pembuat blog gratis yang sudah tidak asing lagi di telinga kita, kebanyakan orang mengenal blogger dibandingkan wordpress karena dengan mudahnya kita menggunakan wordpress dan banyak sekali fitur yang premium tapi gratis. Perlu diketahui bahwa blogger merupakan bagian dari Google merupakan mesin pencari atau search engine terbesar hingga saat ini, maka dengan mudahnya para pengguna blogger berada di urutan 1 hasil penelusuran.

Namun, blogger ini tidak memiliki fitur khusus bagi pengguna domain TLD karena hostingnya langsung dari Google, berbeda dengan wordpress.org hostingnya bisa kita pribadi yang mengelolanya. Oleh karena itu penggunaan masing-masing platform tergantung kepada kita sendiri yang menggunakannya.

Bagaimana Segi Dari Pengunaanya ?

Pengunaan wordpress dengan blogger sangat jauh berbeda namun intinya sama bertujuan menghasilkan sebuah web blog yang powerful atau dapat bersaing di intenet. Perbedaan yang paling mencolok adalah terdapat pada bagian theme atau template, blogger hanya memiliki 1 page untuk membangun seluruh halaman, sedangkan wordpress masing-masing halaman yang tampil memiliki editor kode script yang berbeda-beda, contohnya kode header, body, dan footer dimasukkan pada masing-masing halaman editor script, sedangkan blogger hanya memiliki 1 halaman editor script. Selain dari itu, semua penggunaannya hampir sama.

Jadi, dalam penggunaannya saya kira lebih mudah blogger dibandingkan dengan wordpress, namun jika dilihat dari segi fiturnya saya memilih menggunakan wordpress premium lebih unggul.

Bagaimana Dengan Biaya ?

Biaya memang paling penting, jika Anda menggunakan blog untuk sekedar hobi menulis saja silahkan gunakan blogger, sedangkan jika Anda menggunakan blog untuk mencari uang atau seperti web perusahaan silahkan gunakan wordpress.

Biaya yang paling besar digunakan tentunya untuk wordpress, kita perlu menyewa hosting bahkan kita juga perlu membeli theme atau template premium dan juga pluginnya. Sedangkan blogger, disediakan memang gratis karena hostingnya sudah disediakan dari Google.

Bagaimana Dengan SEO ?

Saya kira ini masih tergantung terhadap Anda yang menggunakannya, karena SEO ini dilakukan secara manual biasanya. Coba saja, Anda searching di google apakah yang muncul di nomor pertama menggunakan platform dari wordpress atau blogger. Untuk memaksimalkan SEO dari blogger kita perlu melakukannya secara manual, sedangkan dari penggunaan wordpress kita bisa menggunakan plugin atau bisa dilakukan secara manual. Tetapi, saya ingatkan kembali bahwa dalam SEO kita kembali kepada pengguna platform tersebut.

Bagaimana Dengan Keamananya ?

Keamanan memang paling penting, dalam hal keamanan wordpress.org sering terjadi hacking karena penggunaan hostingnya pribadi dan juga untuk membobol cpanel dan database dari sebuah website sudah banyak juga tutorialnya, jadi pengguna wordpress dengan hosting pribadi sangat rawan sekali terkena hacking. Sedangkan wordpress free dengan blogger, bisa aman asalkan email Anda tidak diberikan kepada orang lain, selain itu juga database dan hostingnya sudah disediakan dari masing-masing platformnya jadi sudah bukan tanggung jawab kita lagi dalam mengolah databasenya.

Perlu Anda ingat bahwa, setiap website juga memliki celah tersendiri hanya saja tergantung pemiliknya yang dapat mengelolanya dengan baik sehingga celah-celah yang ada pada webnya bisa ditutupi sehingga website tersebut akan aman.

Apa Alasan Memilih Bogger dan Wordpress ?

1. Memilih Blogger

  • Blogger gratis, kita mengeluarkan uang hanya untuk membeli domain pribadi (TLD) itupun jika Anda mau.
  • Blogger enak digunakan untuk yang hobi nulis, buat sekedar berbagi pengalaman atau sharing.
  • Blogger mudah digunakan, modifikasi template juga sangat mudah.
  • Blogger memiliki sedikit template default, tapi kita bisa menggunakan template dari luar.
  • Blogger dalam optimasi hanya menambahkan beberapa meta tag di dalam templatenya.

2. Memilih Wordpress ?

  • Wordpress gratis, tapi lebih bagus pakai yang premium karena fiturnya lengkap.
  • Wordpress lebih baik digunakan untuk yang fokus kepada bisnis, baik itu bisnis pribadi atau bisnis perusahaan.
  • Wordpress mudah digunakan, namun dalam modifikasi template Anda akan mengalami kesulitan karena kode editornya berbeda-beda tempat.
  • Wordpress memiliki banyak template default, tapi kita tidak bisa menggunakan template dari luar, kecuali wordpress premium.
  • Wordpress optimasinya mudah, kita hanya perlu memasang beberapa plugin yang mendukung seo jika memang Anda paham dengan kode script yang ada di wordpress Anda juga bisa mengoptimalkannya dengan cara manual.
Masih banyak alasan kenapa memilih antara blogger dengan wordpress, semua tergantung kepada kebutuhan Anda sendiri.

Kesimpulan

  1. Blogger bagus untuk pemula, bagi Anda yang baru mengenal istilah blog, silahkan gunakan platform dari Blogger.
  2. Wordpress di sarankan bagi Anda yang sudah paham lebih dengan dunia blog dan juga dari segi pemahan kode-kode script Anda telah bisa memahami bahasa pemrograman.
  3. Bagi Anda yang tidak ingin pusing, saya sarankan gunakan saja blogger, karena lebih simpel dan mudah pengunaannya.
  4. Bagi Anda yang ingin membangun web untuk bisnis dan memiliki modal yang cukup untuk membuat website silahkan gunakan wordpress, karena fiturnya yang sangat lengkap.
Sekian artikel mengenai Bingung Pilih Blogger Atau Wordpress ?. Kurang lebihnya mohon maaf.
Semoga Bermanfaat...

Belum ada Komentar untuk "Bingung Pilih Blogger Atau Wordpress ?"

Posting Komentar

Jika Ingin Memasukan Kode Script (CSS, HTML, JavaScript) Silahkan Gunakan Kode Dibawah ini :

1. Untuk Menyisipkan Kode Panjang Gunakan <i rel="pre">Kode Disini</i>
2. Untuk Menyisipkan Kode Pendek Gunakan <i rel="code">Kode Disini</i>
3. Untuk Menyisipkan Quote Gunakan <b rel="quote">Catatan Anda</b>
4. Untuk Menyisipkan Gambar Gunakan <i rel="image">URL Gambar</i>
5. Untuk Menyisipkan Video Gunakan <i rel="youtube">URL Video Youtube</i>

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Fast Hosting