Searching...
Home → Pengertian HTTP, HTML, URL, WWW, FTP, DNS dan Domain

Pengertian HTTP, HTML, URL, WWW, FTP, DNS dan Domain

Pengertian HTTP, HTML, URL, WWW, FTP, DNS dan Domain
Pengertian HTTP, HTML, URL, WWW, FTP, DNS dan Domain - Dalam dunia maya tentunya kita akan menemukan beberapa diantaranya singkatan-singkatan nama seperti HTTP, HTML, URL, WWW, FTP, DNS dan Domain. Sebenarnya itu semua memiliki pengertian yang berbeda, dan pada kemsempatan kali ini Ficri Pebriyana akan menjelaskan semuanya mengenai HTTP, HTML, URL, WWW, FTP, DNS dan Domain. Jika Anda ingin mengenal sebuah komputer khususnya pada Internet Anda perlu mengetahui pengertian - pengertian mengenai HTTP, HTML, URL, WWW, FTP, DNS dan Domain, karena ini akan sangat berpengaruh terhadap pengetahuan kita, dan jika kita belum mengetahui pengertiannya maka akan sulit untuk memahaminya, maka dari itu marilah kita simak dan pelajari pengertian HTTP, HTML, URL, WWW, FTP, DNS dan Domain dibawah ini :

Apa yang dimaksud HTTP ?
Hypertext Transfer Protocol (HTTP) adalah sebuah protokol jaringan lapisan aplikasi yang digunakan untuk sistem informasi terdistribusi, kolaboratif, dan menggunakan hipermedia. Penggunaannya banyak pada pengambilan sumber daya yang saling terhubung dengan tautan, yang disebut dengan dokumen hypertext, yang kemudian membentuk World Wide Web (WWW) pada tahun 1990 oleh fisikawan Inggris, Tim Berners-Lee. Hingga kini, ada dua versi mayor dari protokol HTTP, yakni HTTP/1.0 yang menggunakan koneksi terpisah untuk setiap dokumen, dan HTTP/1.1 yang dapat menggunakan koneksi yang sama untuk melakukan transaksi. Dengan demikian, HTTP/1.1 bisa lebih cepat karena memang tidak usah membuang waktu untuk pembuatan koneksi berulang-ulang.

Apa yang dimaksud HTML ?
HyperText Markup Language (HTML) adalah sebuah bahasa markup yang digunakan untuk membuat sebuah halaman web, menampilkan berbagai informasi di dalam sebuah Penjelajah web Internet dan formating hypertext sederhana yang ditulis kedalam berkas format ASCII (American Standard Code for Information Interchange) agar dapat menghasilkan tampilan wujud yang terintegerasi. Dengan kata lain, berkas yang dibuat dalam perangkat lunak pengolah kata dan disimpan kedalam format ASCII normal sehingga menjadi home page dengan perintah-perintah HTML. HTML adalah sebuah standar yang digunakan secara luas untuk menampilkan halaman web. HTML saat ini merupakan standar Internet yang didefinisikan dan dikendalikan penggunaannya oleh World Wide Web Consortium (W3C). HTML dibuat oleh kolaborasi Caillau TIM dengan Berners-Lee Robert ketika mereka bekerja di CERN pada tahun 1989 (CERN adalah lembaga penelitian fisika energi tinggi di Jenewa).

Apa yang dimaksud URL ?
Uniform Resource Locator (URL) adalah rangkaian karakter menurut suatu format standar tertentu, yang digunakan untuk menunjukkan alamat suatu sumber seperti dokumen dan gambar di Internet. URL merupakan suatu inovasi dasar bagi perkembangan sejarah Internet. URL pertama kali diciptakan oleh Tim Berners-Lee pada tahun 1991 agar penulis - penulis dokumen dapat merujuk pranala ke Jejaring Jagat Jembar atau World Wide Web. Sejak 1994, konsep URL telah dikembangkan menjadi istilah Uniform Resource Identifier (URI) yang lebih umum sifatnya. Walaupun demikian, istilah URL masih tetap digunakan secara luas. Ada dua tipe URL yang dapat digunakan, yaitu:

1. URL Absolute (URL Absolut), merupakan alat lengkap yang menyertakan domain pada jaringan yang tepat, direktori di dalam domain, dan file di dalam direktori.
2. URL Relative (URL Relatif), menentukan suatu alamat berdasarkan URL yang aktif pada saat itu.

Apa yang dimaksud WWW ?
Waring Wera Wanua atau World Wide Web (disingkat sebagai WWW atau Web) adalah suatu ruang informasi yang yang dipakai oleh pengenal global yang disebut Uniform Resource Identifier (URI) untuk mengidentifikasi sumber - sumber daya yang berguna. WWW sering dianggap sama dengan Internet secara keseluruhan, walaupun sebenarnya ia hanyalah bagian daripadanya. WWW (World Wide Web), merupakan kumpulan web server dari seluruh dunia yang berfungsi menyediakan data dan informasi untuk dapat digunakan bersama. WWW atau biasa disebut Web adalah bagian yang paling menarik dari Internet. Melalui web, dapat mengakses informasi-informasi yang tidak hanya berupa teks tetapi bisa juga berupa gambar, suara, video dan animasi.

WWW adalah suatu program yang ditemukan oleh Tim Berners-Lee pada tahun 1991. Awalnya Berners-Lee hanya ingin menemukan cara untuk menyusun arsip - arsip risetnya. Untuk itu, dia mengembangkan suatu sistem untuk keperluan pribadi. Sistem itu adalah program peranti lunak yang diberi nama Equire. Dengan program itu, Berners-Lee berhasil menciptakan jaringan terkait antara berbagai arsip sehingga memudahkan informasi yang dibutuhkan. Inilah yang kemudian menjadi dasar dari sebuah revolusi yang dikenal sebagai Web.

WWW dikembangkan pertama kali di Pusat Penelitian Fisika Partikel Eropa (CERN), Jenewa, Swiss. Pada tahun 1989 Berners-Lee membuat proposal untuk proyek pembuatan hypertext secara global, kemudian pada bulan Oktober 1990, 'World Wide Web' sudah bisa dijalankan dalam lingkungan CERN. Pada musim panas tahun 1991, WWW resmi digunakan secara luas pada jaringan Internet.

Apa yang dimaksud FTP ?
File Transfer Protocol (FTP) adalah sebuah protokol Internet yang berjalan di dalam lapisan aplikasi yang merupakan standar untuk pentransferan berkas (file) komputer antar mesin-mesin dalam sebuah internetwork. FTP merupakan salah satu protokol Internet yang paling awal dikembangkan, dan masih digunakan hingga saat ini untuk melakukan pengunduhan "Download" dan penggugahan "Upload" berkas-berkas komputer antara Klien FTP dan Server FTP.

Sebuah Klien FTP merupakan aplikasi yang dapat mengeluarkan perintah-perintah FTP ke sebuah server FTP, sementara Server FTP adalah sebuah Windows Service atau daemon yang berjalan di atas sebuah komputer yang merespons perintah-perintah dari sebuah klien FTP. Perintah - perintah FTP dapat digunakan untuk mengubah direktori, mengubah modus transfer antara biner dan ASCII, menggugah berkas komputer ke server FTP, serta mengunduh berkas dari server FTP.

Apa yang dimaksud DNS ?
Domain Name System (DNS) adalah sebuah sistem yang menyimpan informasi tentang nama host ataupun nama domain dalam bentuk basis data tersebar (distributed database) di dalam jaringan komputer, misalnya: Internet. DNS menyediakan alamat IP untuk setiap nama host dan mendata setiap server transmisi surat (mail exchange server) yang menerima surel (email) untuk setiap domain. DNS menyediakan pelayanan yang cukup penting untuk Internet, ketika perangkat keras komputer dan jaringan bekerja dengan alamat IP untuk mengerjakan tugas seperti pengalamatan dan penjaluran (routing), manusia pada umumnya lebih memilih untuk menggunakan nama host dan nama domain, contohnya adalah penunjukan sumber universal (URL) dan alamat surel. Analogi yang umum digunakan untuk menjelaskan fungsinya adalah DNS bisa dianggap seperti buku telepon internet dimana saat pengguna mengetikkan www.indosat.net.id di peramban web maka pengguna akan diarahkan ke alamat IP 124.81.92.144 (IPv4) dan 2001:e00:d:10:3:140::83 (IPv6).

Paul Mockapetris menemukan DNS di tahun 1983, spesifikasi asli muncul di RFC 882 dan 883. Tahun 1987, penerbitan RFC 1034 dan RFC 1035 membuat update terhadap spesifikasi DNS. Hal ini membuat RFC 882 dan RFC 883 tidak berlaku lagi. Beberapa RFC terkini telah memproposikan beberapa tambahan dari protokol inti DNS.

Apa yang dimaksud Domain atau Nama Domain ?
Domain atau Nama Domain (Domain Name) adalah nama unik yang diberikan untuk mengidentifikasi nama server komputer seperti web server atau email server di jaringan komputer ataupun internet. Nama domain berfungsi untuk mempermudah pengguna di internet pada saat melakukan akses ke server, selain juga dipakai untuk mengingat nama server yang dikunjungi tanpa harus mengenal deretan angka yang rumit yang dikenal sebagai alamat IP. Nama domain ini juga dikenal sebagai sebuah kesatuan dari sebuah situs web seperti contohnya "kum1s.com". Nama domain kadang-kadang disebut pula dengan istilah URL, atau alamat website.
Pada awalnya nama domain hanya dapat dituliskan dengan ke-26 abjad Latin, namun saat ini telah dimungkinkan untuk menggunakan abjad asing dengan Internasionalisasi nama domain.
Sistem nama domain (DNS) adalah aturan yang dipakai dalam sistem penamaan dari nama domain ini.

Mungkin itu saja yang bisa saya sampaikan mengenai Pengertian HTTP, HTML, URL, WWW, FTP, DNS dan Domain. Kurang lebihnya mohon maaf.
Semoga Bermanfaat...

Referensi : www.id.wikipedia.org

28 Komentar Untuk "Pengertian HTTP, HTML, URL, WWW, FTP, DNS dan Domain"

iya sob, semoga bermanfaat...

Balas

iya sob, sama-sama
semoga bermanfaat...

Balas

makasih, sudah berkunjung...

Balas

nahh ilmu baru lagi :D makasih gan

Balas

mantap bahasannya!thanks gan

Balas

artikelnya sangat menarik sekali mas

Balas

iya sob, sama-sama....

Balas

makasih sob, sudah berkunjung...

Balas

iya sob,
makasih sudah berkunjung...

Balas

ternyata belum terlalu lama ya internet .. gak kebayang gmana masa depan nanti..

thanks buat Tim Berners-Le.. :D

Balas

wah makasih gan ane jadi tau

Balas

iya sob, sejak 1991 web baru ada.. jadi masih baru

Balas

iya sob, sama-sama
semoga bermanfaat...

Balas

mantap banget . .
bisa dijadikan refrensi niyh .
ditunggu kunjungn nya ya maz. .

Balas

iya sob, silahkan
semoga bermanfaat...

Balas

menarik artikelnya.. saya suka.. thanks pengetahuanya ...

Balas

iya sob, sama-sama
semoga bermanfaat...

Balas

bagus sekali info nya gan
sangat menarik dan manfaat
ditunggu info nya gan

Balas

termakasih atas infonya

Balas

oke, semoga bermanfaat...

Balas

Luar biasa ilmunya mas semoga ada pembahasan yang lebih menarik lagi

Balas

Jika Ingin Memasukan Kode Script (CSS, HTML, JavaScript) Silahkan Gunakan Kode Dibawah ini :

1. Untuk Menyisipkan Kode Panjang Gunakan <i rel="pre">Kode Disini</i>
2. Untuk Menyisipkan Kode Pendek Gunakan <i rel="code">Kode Disini</i>
3. Untuk Menyisipkan Quote Gunakan <b rel="quote">Catatan Anda</b>
4. Untuk Menyisipkan Gambar Gunakan <i rel="image">URL Gambar</i>
5. Untuk Menyisipkan Video Gunakan <i rel="youtube">URL Video Youtube</i>
Out Of Topic Show Konversi KodeHide Konversi Kode Show EmoticonHide Emoticon

Terimakasih atas komentar Anda di "Pengertian HTTP, HTML, URL, WWW, FTP, DNS dan Domain"