Tips Sebelum Melakukan Investasi Saham Untuk Pemula

tips investasi saham untuk pemula

Saat ini masih banyak orang yang belum familiar dengan investasi saham, padahal banyak informasi yang mudah di akses dan di dapatkan dari berbagai sumber khususnya internet.

Setiap orang dapat dengan mudah mencari informasi mengenai jual beli saham yang ada di internet, kita bahkan dapat melakukan investasi sahan kapan pun dan di mana pun.

Mempelajari tentang investasi saham bukanlah suatu hal yang merugikan bahkan dengan Anda belajar investasi saham Anda akan menemukan banyak sekali informasi tentang audit laporan keuangan sebuah perusahaan, jual beli saham, informasi tentang kondisi ekonomi baik itu di Indonesia maupun di luar neger, dan masih banyak lagi.

Tidak hanya itu saja, dengan Anda belajar investasi saham sejak dini akan sangat membuka peluang yang besar untuk melakukan investasi saham yang tepat dan sukses.

Tetapi tenang saja, apabila Anda baru ingin memulai investasi saham alangkah baiknya membaca terlebih dahulu beberapa tips investasi saham untuk pemula yang akan saya jelaskan di bawah ini.

1. Investasikan Waktu Sebelum Uang

Jika Anda masih seorang pemula yang baru mengenal saham alangkah baiknya Anda cari tahu bagaimana cara belajar saham untuk pemula, hal ini agar Anda dapat memahami berbagai istilah-istilah yang sering digunakan dalam dunia saham sehingga Anda tidak bingung nantinya.

Anda bisa meluangkan waktu Anda untuk membaca dan mempelajari terlebih dahulu mengenai saham, bisa dengan cara mencari informasi di internet, membaca buku, atau bergabung dengan komunitas maupun forum yang mudah Anda temukan di sosial media.

2. Mulai Dari Nominal Terkecil

Setelah Anda mempelajari berbagai istilah saham dan mengenal sedikit demi sedikit tentang saham, kini saatnya Anda mulai melakukan langkah berikutnya yaitu mulai berinvestasi dengan jumlah atau nominal yang terkecil dahulu.

Besar kecil nya investasi tentu tergantung dari kemampuan Anda dan kondisi finansial Anda. Anggap saja minimal investasi saham bisa Anda beli dengan harga Rp 100 ribu, tapi jika Anda merasa ini terlalu kecil maka bisa Anda sesuaikan kembali dengan kondisi Anda.

Tapi perlu Anda ingat juga bahwa semakin besar dana yang Anda investasikan kemungkinan juga resiko yang ditanggung semakin besar, karena investasi saham merupakan investasi yang high risk dan high return.

3. Amati Kondisi Ekonomi dan Politik

Investasi saham itu berarti sama saja seperti Anda memiliki perusahaan tersebut. Artinya, perusahaan Anda akan terpengaruh dari berbagai perubahan yang ada, terutama bidang ekonomi dan politik. Hal ini akan menyebabkan pada perubahan harga saham pada saat itu juga.

Peka terhadap situasi dan kondisi ekonomi maupun politik sangat penting untuk mengambil berbagai keputusan dan rekomendasi saham yang tepat untuk Anda beli maupun jual. Oleh karena itu Anda harus sering membaca berbagai macam berita bisnis, ekonomi, maupun politik.

4. Pahami Perusahaan atau Industrinya

Memahami kondisi perusahaan atau industri yang akan kamu beli sahamnya itu sangat penting, ini bertujuan agar kamu dapat menentukan dan memperhitungkan berbagai aspek resiko maupun keuntungan yang akan di dapatkan.

Sebagai investor pemula, Anda harus mampu memahami kinerja perusahaannya lalu kemudian memahami industri atau bisnis yang dilakukan perusahaan tersebut apakah sedang naik atau sedang turun.

5. Jangan Taruh Telur di Keranjang yang Sama

Ini merupakan sebuah istilah yang berarti jangan melakukan investasi hanya di satu perusahaan, tapi lakukanlah investasi saham di beberapa perusahaan lainnya. Ini bertujuan untuk menyebarkan sebuah resiko.

Misalnya, saham perusahaan A sedang turun maka uang yang Anda investasikan juga akan ikut turun bahkan turun dari modal awal. Hal seperti ini tentu sangat beresiko, alangkah baiknya Anda meyebar resiko tersebut dengan melakukan investasi saham di perusahaan lain dan berharap agar ketika saham perusahaan A turun tetapi saham perusahaan B atau C dan yang lainnya naik itu akan menutupi kekurangan saham dari perusahaan A tersebut.

Kesimpulan

Investasi saham merupakan jenis investasi yang memiliki resiko tinggi dan keuntungan yang tinggi juga. Selain itu, sebagai pemula Anda wajib mempelajari terlebih dahulu berbagai istilah yang sering digunakan dalam investasi saham. Lalu, Anda juga wajib mencari berbagai informasi seputar bisnis, ekonomi, maupun politik, dan tahu kapan Anda harus melakukan jual beli saham.

Belum ada Komentar untuk "Tips Sebelum Melakukan Investasi Saham Untuk Pemula"

Posting Komentar

Jika Ingin Memasukan Kode Script (CSS, HTML, JavaScript) Silahkan Gunakan Kode Dibawah ini :

1. Untuk Menyisipkan Kode Panjang Gunakan <i rel="pre">Kode Disini</i>
2. Untuk Menyisipkan Kode Pendek Gunakan <i rel="code">Kode Disini</i>
3. Untuk Menyisipkan Quote Gunakan <b rel="quote">Catatan Anda</b>
4. Untuk Menyisipkan Gambar Gunakan <i rel="image">URL Gambar</i>
5. Untuk Menyisipkan Video Gunakan <i rel="youtube">URL Video Youtube</i>

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Fast Hosting