www.domainesia.com

Mau Membuat Website? Kenali Ragam Jenis Domain yang Umum di Indonesia

Ilmu pengetahuan teknologi bukan hanya bercirikan dengan banyaknya benda yang canggih seperti misalnya smartphone, namun dunia maya pun adalah ciri dari meningkatnya teknologi sehingga banyak istilah-istilah internet seperti, website, blog, hosting, vps, ataupun domain khususnya domain murah Indonesia.

DomaiNesia Domain Murah Indonesia

Mengenal lebih jelas tentang domain serta bagian-bagiannya. Domain adalah sebuah nama yang digunakan agar dapat mengidentifikasi atau mengenali nama-nama server yang ada di komputer di semua jaringan yang ada di internet. Sehingga memberi nama domain menjadi sangat diperlukan karena akan sangat berguna serta memberikan kemudahan terutama bagi para pengguna internet. Tanpa mengenal IP address, pengguna internet dapat melakukan akses ke server yang akan dituju. Hal tersebut tentu sangat mudah dan juga praktis.

Selanjutnya nama domain juga dikenal sebagai kesatuan dari sebuah situs terutama situ website. Sehingga nama domain juga dikenal dengan “URL”. Contoh-contoh mudahnya seperti facebook(dot)com yang merupakan salah satu jejaring sosial, google(dot)com sebagai search engine, atau domainesia(dot)com situs yang menyediakan layanan jasa registrasi untuk membeli hosting terbaik dan domain dengan harga terjangkau.

Jenis-jenis domain. Banyak jenis-jenis domain, biasanya juga tergantung atau berkaitan dengan cara dari mendapatkan domain tersebut. Misalnya dengan cara berbayar ataupun gratis. Namun berikut terdapat jenis-jenis domain yang disebut sebagai Top Level Domains atau disingkat menjadi TLD. Penggunaan domain ini meluas karena dapat diakses secara global dan juga tidak terbatas dengan wilayah ataupun nama dari suatu negara. Di antara jenis-jenis tersebut yaitu sebagai berikut ini:

  • (dot)Com, biasanya digunakan oleh website dari perusahaan atau memiliki kepentingan untuk mendapatkan keuntungan secara komersial.
  • (dot)Org, digunakan oleh mereka yang membuat website untuk organisasi.
  • (dot)Net, network Infrastructure umumnya menggunakan domain ini. Sesuai dengan namanya.
  • (dot)Info, jenis domain ini diperuntukan bagi kepentingan informasional di website.
  • (dot)Name, kepentingan keluarga atau cenderung lebih personal menggunakan tipe domain ini.
  • (dot)Edu, seperti halnya domain “org” dari organisasi, domain “edu” ditujukan untuk kepentingan website mengenai pendidikan, dan hal tersebut terbatas pada dunia tersebut.
Selain jenis domain-domain yang ada di atas, terdapat pula tipe domain yang disebut dengan ccTLD’s atau singkatan dari Country Coded Top Level Domains. Tipe ini adalah domain khusus yang hanya digunakan pada suatu negara. Sehingga tergantung dari di mana negara tersebut atau domain yang disesuaikan dengan negara tersebut. Misalnya domain Indonesia, Indonesia menggunakan (dot)id yang terbagi menjadi domain khusus atau juga biasa disebut sebagai subdomain, yaitu:
  • or(dot)id yang digunakan untuk organisasi.
  • go(dot)id digunakan untuk pemerintahan.
  • co(dot)id digunakan sebagai website yang bergerak di bidang komersial.
  • ac(dot)id digunakan oleh pendidikan tinggi seperti misalnya universitas.
  • sch(dot)id ditujukan untuk sekolah-sekolah.
  • net(dot)id yaitu untuk Internet Provoder.
  • web(dot)id biasanya digunakan secara umum. Dengan kata lain tidak mengkhususkan.
Menggunakan domain untuk alamat website merupakan hal penting atau kunci dari suksesnya website yang dibuat. Meskipun menggunakan layanan registrasi domain secara berbayar, namun bagi website dengan skala besar, cara ini akan sangat memberikan keuntungan. Misalnya para pemilik toko online, dengan menggunakan layanan domain adalah hal yang sangat disarankan. Mengingat bahwa produk-produk yang dijual harus diketahi secara luas.

Dengan menggunakan domain murah Indonesia biaya yang kita keluarkan akan lebih sedikit, jika menggunakan domain secara internasional. Namun sebelum memikirkan domain apa yang akan digunakan, hal paling penting adalah mengetahui bagaimana cara buat website baik mandiri maupun dengan menggunakan layanan jasa.

DomaiNesia Hosting Murah Indonesia

Apabila sedang mencari penyedia layanan jasa registrasi domain murah, kami merekomendasikan DomaiNesia. DomaiNesia menyediakan puluhan ekstensi domain baik domain global maupun domain Indonesia. Selain itu DomaiNesia juga menyediakan layanan hosting murah Indonesia, dimana dibekali dengan fitur mumpuni seperti enterprise SSD, backup dan restore harian, serat garansi uang kembali dan masih banyak lainnya.

5 Komentar untuk "Mau Membuat Website? Kenali Ragam Jenis Domain yang Umum di Indonesia"

  1. Maaf mas mau tanya...
    Apakah benar, kalau tempat pembelian domain juga berpengaruh pada blog ?..
    Terimakasih banyak jawabannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul sekali, yang saya ketahui beberapa diantaranya adalah, server yang digunakan berada di mana lokasinya, kalau di indonesia berarti bagus untuk visitor indonesia, kedua status dari server tersebut, kadang kalau sering terjadi maintenance kan repot, jadi beli domain di penyedia layanan yang kiranya sudah terkenal dan memiliki reputasi atau testimoni yang baik

      Hapus
  2. Bro, ada cheat ninja saga 2017 juni ? :) buat exam (1hit kill or another something)

    BalasHapus
  3. tolong ambilkan kembali fb saya dan kirim paswodnya kesaya kembali

    BalasHapus

Jika Ingin Memasukan Kode Script (CSS, HTML, JavaScript) Silahkan Gunakan Kode Dibawah ini :

1. Untuk Menyisipkan Kode Panjang Gunakan <i rel="pre">Kode Disini</i>
2. Untuk Menyisipkan Kode Pendek Gunakan <i rel="code">Kode Disini</i>
3. Untuk Menyisipkan Quote Gunakan <b rel="quote">Catatan Anda</b>
4. Untuk Menyisipkan Gambar Gunakan <i rel="image">URL Gambar</i>
5. Untuk Menyisipkan Video Gunakan <i rel="youtube">URL Video Youtube</i>

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Fast Hosting