www.domainesia.com

Apa Itu Domain Authority dan Page Authority

Apa Itu Domain Authority dan Page Authority
Apa Itu Domain Authority dan Page Authority - Berbicara masalah Domain Authority (DA) dan Page Authority (PA) akan berkaitan dengan yang namanya SEO, karena domain authority dan page authority ini berkaitan dengan kualitas dari situs website atau blog kita di search engine. DA dan PA mungkin masih banyak yang belum mengerti dan paham mengenai ini padahal ini bisa kita bandingkan dengan situs lainnya mana blog atau website yang memiliki nilai bagus dimata search engine dan di blog Ficri Pebriyana saya akan menjelaskan ini. Nilai dari domain authority atau DA dan page authority atau PA dari setiap blog atau website akan berbeda-beda atau bahkan sama, karena banyak situs yang berlomba-lomba untuk mendapatkan Posisi 1 di Google. Langsung saja saya akan menjelaskan mengenai pengertian domain authority (DA) dan page authority (PA) dan menjelaskan cara meningkatkan domain authority dan page authority, silahkan baca dibawah ini :

Apa Itu Domain Authority (DA) ?

Domain Authority atau Otoritas Domain adalah ukuran kekuatan sebuah nama domain dan merupakan salah satu dari banyak faktor peringkat mesin pencari. Domain Athority didasarkan pada tiga faktor yaitu Usia, Popularitas, dan Ukuran. Dengan memiliki tiga faktor tersebut situs web akan mudah sekali mendapatkan peringkat yang tinggi dalam hasil pencarian. Mesin pencari ingin memberikan pengguna dengan hasil website yang bisa dipercaya. Situs-situs baru yang bermunculan setiap hari dan banyak yang tidak bertahan di SERP karena berbagai alasan. Domain Authority didasarkan pada skala logaritmik dari 1 sampai 100, dimana setiap situs yang memiliki DA paling besar itulah situs yang paling bagus daripada dengan situs yang memiliki DA tinggi, contoh :

Situs A memiliki DA 30
Situs B memiliki DA 50
Maka situs yang paling bagus adalah situs B, karena memiliki DA yang lebih besarsama seperti PageRank, semakin besar nilainya semakin tinggi rankingnya.

Catatan :
Untuk yang menggunakan subdomain blogspot.com akan memiliki DA diatas 90.

Bagaimana Cara Meningkatkan Domain Autority ?

Ada beberapa faktor yang dapat meningkatkan domain autority dari suatu situs web, salah satunya faktor dibawah ini :

Usia Domain

Usia Domain merupakan indikator kepercayaan karena terbukti mesin pencari bahwa situs web memiliki umur panjang. Jika pemilik website telah mempertahankan pendaftaran dari sebuah situs web secara konsisten dan telah menghasilkan peningkatan lalu lintas ke domain dari waktu ke waktu, mesin pencari menyimpulkan bahwa itu harus melayani tujuan dan menjadi sumber terpercaya.

Popularitas Domain

Popularitas Domain diukur dalam bagian dengan jumlah link masuk (Inbound Link) dari situs berkualitas yang memiliki domain. Inbound link ke domain adalah sinyal bahwa website yang memiliki informasi yang berguna yang layak berbagi. Inilah sebabnya mengapa membangun link sangat penting dengan teknik White Hat SEO. Taktik seperti Blogwalking, submit ke web directory, artikel pemasaran, dan media sosial membantu untuk membangun Inbound Link ke domain dan menghasilkan lalu lintas dari waktu ke waktu.

Ukuran Domain

Ukuran sebuah situs web pada domain kontribusi terhadap kewenangannya karena jumlah halaman yang ada pada domain berkorelasi dengan jumlah konten yang dapat menghasilkan Inbound Link. Sebuah situs web yang lebih besar dengan kualitas konten pada setiap halaman akan memiliki lebih inbound link dari sebuah situs web yang lebih kecil.

Domain Authority (Otoritas Domain) atau Domain Trust (Domain Kepercayaan) sangat penting karena akan membantu halaman baru dari konten termasuk posting blog akan diindeks lebih cepat dan memiliki kesempatan yang lebih baik mendapatkan peringkat teratas dalam hasil pencarian.

Apa Itu Page Authority (PA) ?

Page Authority atau Otoritas Halaman adalah istilah SEO digunakan untuk menggambarkan probabilitas bahwa halaman tertentu dari situs Anda akan ditemukan di mesin pencari. Page Authority didasarkan pada skala logaritmik dari 0 sampai 100 dan berkaitan dengan relevansi informasi dan link dalam halaman situs satu sama lain. Page Authority yang lebih tinggi berarti kemungkinan besar halaman Anda muncul di search engine, dan bahwa halaman Anda akan ditempatkan lebih dekat ke bagian atas hasil pencarian. Perhatikan bahwa otoritas halaman terkait dengan halaman dalam situs, bukan situs itu sendiri. Situs yang memiliki PA dengan nilai besar maka akan lebih bagus dibandingkan dengan situs yang memiliki PA kecil, contoh :

Situs A memiliki PA 30
Situs B memiliki PA 50
Maka situs yang paling bagus adalah situs B, karena memiliki PA yang lebih besar sama seperti PageRank, semakin besar nilainya semakin tinggi rankingnya.

Bagaimana Cara Meningkatkan Page Authority ?

Dengan algoritma mesin pencari terus berubah, semua orang ingin tahu rahasia untuk mendapatkan halaman mereka peringkat tertinggi. Namun, kenyataannya adalah bahwa tidak ada rahasia. Google telah merilis ribuan paten pada algoritma yang membantu memberitahu kita bagaimana Google memberi peringkat kepada setiap situs. Ahli SEO telah mencari pola bagaimana situs dapat memperoleh lebih banyak otoritas halaman dan menjadi peringkat yang lebih tinggi, dan telah menggali ke kedalaman proses Google untuk menentukan kunci untuk berhasil meningkatkan otoritas halaman Anda. Beberapa faktor yang dianggap mempengaruhi peringkat antara lain :

Konten Asli

Optimisasi mesin pencari pada satu titik dianggap semua tentang kata kunci. Website akan membanjiri halaman mereka dengan kata kunci yang relevan untuk meningkatkan peringkat mereka di search engine. Disisi lain bahwa konten akan menjadi kurang user-friendly. Selama bertahun-tahun, Google telah berusaha untuk menyingkirkan situs tersebut dan meningkatkan peringkat situs dengan konten segar yang dapat diterapkan untuk browser. 

Sebagai ahli SEO sebelumnya mengatakan, konten adalah raja. Search engine sekarang cenderung memberikan peringkat situs yang lebih tinggi dengan konten yang : 
  • Baru dan menarik
  • Sering diperbarui
  • Rinci, relevan dan bermanfaat
  • Berkualitas dan menyenangkan untuk dibaca

Link Ke Halaman Anda

Memiliki informasi yang besar pada halaman Anda tidak hanya menarik browser baru ke situs Anda dan meyakinkan kembali browser, tetapi juga dapat bermanfaat dalam membangun reputasi Anda sebagai orang lain memberikan link ke halaman Anda. Membuat link ke halaman Anda dari situs lain adalah cara yang bagus untuk meningkatkan Page Authority (Otoritas Halaman) Anda. Link ini meningkatkan kesadaran untuk situs Anda, dan bila digunakan dengan benar dapat meningkatkan lalu lintas ke halaman Anda. Memiliki situs agar link situs kita ada dalam halaman situs orang lain itu tidak mudah, namun dengan memiliki Konten Asli kemungkinan besar orang lain akan menjadikan situs kita sebagai referensi.

Gambar atau Images

Teks bukanlah satu-satunya faktor penting dalam SEO. Dengan kemampuan mesin pencari untuk mencari gambar, grafik ini lebih penting daripada sebelumnya. Tapi bagaimana orang dapat menemukan situs Anda melalui gambar ? Caranya cukup mudah yaitu dengan cara memasukkan gambar terkait ke halaman Anda dan menyertakan teks ALT deskriptif sehingga gambar ini dapat ditemukan di search engine. Sehingga Anda juga akan mendapatkan sumber lalu lintas yang berasal dari gambar dan akan menghasilkan lebih banyak lalu lintas ke situs Anda. Anda juga dapat membaca artikel Cara Membuat Attribute Alt dan Title Tag Pada Gambar.

Bagaimana Cara Cek Domain Authority dan Page Authority ?

Bagi Anda yang ingin mengetahui jumlah nilai domain authority (DA) dan page authority (PA) dari masing-masing situs web atau blog silahkan baca artikelnya disini Cara Cek Domain Authority dan Page Authority.

Sekian artikel mengenai Apa Itu Domain Authority dan Page Authority. Kurang lebihnya mohon maaf.
Semoga Bermanfaat...

93 Komentar untuk "Apa Itu Domain Authority dan Page Authority"

  1. cara nge-cek DA dan PA dimana mas..

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehe, iya mas saya lupa menambahkan cara cek DA dan PA, tadinya keburu teraweh sih... nanti saya posting saja di artikel selanjutnya... :D

      Hapus
  2. waduuuh ilmu saya belum sampe kalo ngebahas yang beginian mas, ijin menyimak sekalian mempelajari ya mas :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya juga sama kaya mas Marnes, ilmu saya belum sampe kalo ngebahas yang beginian. Jadi saya nyimak aja deh

      Hapus
    2. iya mas silahkan di simak dan di pelajari :)

      Hapus
  3. Alhmdulillah aku sudah menerapkan semua itu dengan bertahap dan hasilnya sudah lumayan.
    dengan nama domain dot com terasa lebih mudah terkenal di mesin pencari. dan Alhamdulillah juga sudah banyak artikelku yang nangkring diatas.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mas, jangan mau kalah sama domain free :D

      Hapus
    2. nah betul tuh, jangan kalah sama domain free

      Hapus
  4. detail betul ya mas, terima kasih karena saya sudah tahu apa pengertian dan fungsi Domain Authority dan Page Authority

    BalasHapus
  5. sip mas.. bermanfaat banget

    BalasHapus
  6. Selama ini khususnya untuk Blog saya yang berhosting dan domain di FREE alias gratisan masih belum banyak merasakan manfaat SEO dalam Blog saya yang masih sederhana itu. Bahkan untuk Page Rank saja sudah menurun dari Page Rank (PR 2) turun meniadi page rank 1. Lumayan penglaris biar satu juga. Artikel di sini sangat membantu saya untuk meningkat performa SEO agar menjadi lebih baik. Terima kasih atas pencerahannya. Saya akan terapkan segera Insya Allah

    BalasHapus
    Balasan
    1. mantap mas 1 juga, harus bisa di pertahankan tuh, jangan sampai nanti update google pagerank malah jadi 0

      Hapus
  7. kalau masalah beginian saya suka bingung mas, saya nyimak dulu ya soalnya belum paham tentang domain dan page authority

    BalasHapus
  8. saya pernah dengar kalau submit ke web directory itu nggak baik bagi google panda mas,mana nih yang bener?jadi bingung nih

    oya salam kenal

    BalasHapus
    Balasan
    1. tapi selama ini saya masih aman-aman saja, ya setidaknya menerapkan blogwalking saja juga gpp :D

      iya mas...

      Hapus
  9. wah... berarti saya yang masih pakai blogspot da dasarnya 90 yia bos, pantas saja susah sekali tembus dihalaman awal, harus segera ditingkatkan nih, thx informasinya yia bos, sangat bermanfaat...

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mas, rata-ratanya sih ada di 93 dan 94... tingkatkan lagi mas.. :)

      Hapus
  10. Terima kasih atas penjelasannya Mas Febry, Boku pernah ikutan lomba kontest SEO, tapi masih jauh dari harapan...

    BalasHapus
    Balasan
    1. mendingan jangan ikut dulu kontes seo mas seblum siap bertarung sama master seo, walaupun blog kontes seo memiliki rank alexa di atas 1 juta tapi mereka bisa berada di posisi 1, coba saja lihat PA nya lebih dari 50 dan ratusan backlink yang menuju ke artikel tersebut, maka semakin kuat SERP nya...

      Hapus
  11. Barusan ngecek jugak, Bang.. Mayan lah hasilnya.. Hihihi.. :P

    BalasHapus
  12. Wah muter-muter baru dapet disini... Malahnya PA dan DA saya cuman 1 semua.. terus bagaimana donk ??? mohon jawabannya???? Trims

    BalasHapus
    Balasan
    1. lah ko bisa ya 1 semua, emang itu di ceknya pakai tools apa ?
      blognya sejak kapan dibuat ?

      Hapus
  13. Mas, sedikit koreksi saja. DA semakin tinggi semakin bagus. Bukan semakin kecil semakin bagus. Dan tambahan lagi, untuk site yang menggunakan blogspot.com, pasti DA-nya akan besar, dikarenakan yang terhitung adalah DA blogspot.com, bukan namasitus.blogspot.com-nya.
    Cek http://ekalayawebs.com kalau mau tau cara meningkatkan DA dan PA

    BalasHapus
  14. Thanks gan atas infonya tentang DA dan PA, Jadi tambah nich pengetahuanku berkunjung ke blog anda.


    Mukti Effendi
    Kumpulan Tips Tips

    BalasHapus
  15. PA / DA saya masih rendah nih gan.. mampir juga ke blog saya ya..

    BalasHapus
  16. bicara masalah seo memang pusing dibuatnya,...

    BalasHapus
  17. mas mengapa PA setiap artikel blog berbeda
    contoh artikel ini memiliki PA 12 dengan 1 links
    sedangkan artikel popular diblog ini seperti cara hack akun fb
    memiliki PA 21 dengan 118 links
    mohon penjelasannya yang lebih rinci mas ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. untuk PA dan DA pasti tidak sama, baik setiap artikel maupun dengan Home Page blog.
      Semakin tinggi DA dan PA maka semakin bagus, jadi artikel yang memiliki DA dan PA tinggi sudah ada di page 1 mesin pencari.
      Untuk links, itu merupakan backlink yang menuju artikel tersebut, semakin banyak semakin kuat artikel berada pada posisi 1 google.

      Hapus
  18. berarti selama ini backlink yang saya tanam kurang tepat ya mas
    soalnya backlink tidak pernah muncul ketika saya menggunakan moz tools padahal artikel tersebut saya pasang lebih dari 10 backlinks

    BalasHapus
  19. Thanks infonya gan,tapi g ada rucukan situs/web/blog yang bisa ditanamkan backlink berkualitas untuk meningkatkan PA blog???

    BalasHapus
  20. gan kalau mau menanam backlink harus pake anchor text <a href atau manual cuma url aja ?
    mohon penjelasannya menurut agan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ini contohnya :

      <a href="http://www.ficripebriyana.com/2014/07/apa-itu-domain-authority-dan-page-authority.html" target="_blank" title="Apa Itu Domain Authority dan Page Authority">Apa Itu Domain Authority dan Page Authority</a>


      sebenarnya hanya link saja juga bisa menjadi backlink asalkan link tersebut bisa di klik, tetapi dalam sebuah tools pengecekan backlink terkadang sebuah title dalam backlink juga di permasalahkan, oleh karena itu menambahkan anchor title pada link lebih baik dibandingkan dengan link biasa.

      Hapus
  21. oh gitu ya da itu, berarti peluang situs b untuk masuk pejwan google lebih gede drpda situs a

    BalasHapus
  22. cara ngeceknya gmana mas? bisa bg webnyha?

    BalasHapus
  23. terima kasih pencerahannya kakak.. saya jadi lebih paham fungsi dari PA dan DA itu sendiri untuk apa hehe

    BalasHapus
  24. gan artikelnya ada yang copas tuh, malahan blog besar yang copasnya .... :)

    BalasHapus
  25. makasih atas infonya mas,,ijin nyimak dulu sambil belajar, maklum masih newbie,salam kenal ya.. :)

    BalasHapus
  26. DA dan PA saya masih sangat kecil :D

    BalasHapus
  27. kenapa DA blogspot lebih besar dibandingkan domain TLD?

    BalasHapus
  28. Gan kalu da 58 dan pa 31 itu baik atau buruk?

    BalasHapus
  29. DA saya 92.00 PA 1.00 berarti gimana, ya...

    BalasHapus
  30. saya mau bertanya mas,, DA / PA blog saya 23 / 32 sedangkan pesaing blog 22 / 30. tapi kenapa setiap kali posting blog pesaing lebih unggul walaupun posting lebih lambat dari pada blog saya.... apakah DA / PA tidak terlalu berpengaruh ke SEO google....

    BalasHapus
  31. saya punya DA/PA : 72/1.00
    Masih kurang banyak nih

    BalasHapus
  32. Terima kasih banyak informasinya. sangat bermanfaat bagi saya yang masih newbie

    BalasHapus
  33. Setelah membaca postingan ini, saya ingin lebih fokus dulu untuk memperbaiki Domain Authority dan Page Authority blog saya, yang ternyata kurang begitu bagus .... Dan terimakasih juga buat mas, yang telah berbagi cara meningkatkan DA dan PA ini.

    BalasHapus
  34. mas saya mau bertanya apakah semakin banyak artikel semakin lebih mudahpula search anggine mudah mencarai keyword yang ada di dalam blog kita?
    kesimpulannya adalah artikel yang banyak (tentu yang berkualitas) itu wajib, mohon informasinya trimakasih

    BalasHapus
  35. sekedar masukan mas, saya dapat info katanya DA blogspot itu tetap pada angka 93 tidak bisa naik dan turun...
    saya kurang tau benar tidaknya, tapi menurut pantauan saya emang gitu mas :)

    BalasHapus
  36. Terima kasih, sangat bermaanfaat

    BalasHapus
  37. bahasan yang sangat lengkap terima kasih

    BalasHapus
  38. terimakasih sangat bermanfaat sekali

    BalasHapus
  39. Makasih adimin, sangat membantu sekali,Penjabaranya sangat lengkap tentang domain outhority. salam kenal dari blogger pemula

    BalasHapus
  40. Good job gan, sangat bermanfaat tuh tutornya

    BalasHapus
  41. mas Ficri Pebriyana, saya mau tanyak donk. gimana caranya ngecek DA dan PA nya, soalnya saya newbie di bidang ini, dan bahkan ingin mencari tau lebih dalam lagi.. mohon di bantu mas.

    terima kasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. baca di artikel ini ya...
      http://www.ficripebriyana.com/2014/07/cara-cek-domain-authority-dan-page-authority.html

      Hapus
  42. PA dan DA apakah masih perlu dilihat utk sekarang ini ? dalam artian ada yg mengatakan bahwa seo jadul utk skrg sudah tdk bermanfaat
    trima kasih

    teknologi

    BalasHapus
  43. PA dan DA apakah masih perlu dilihat utk sekarang ini ? dalam artian ada yg mengatakan bahwa seo jadul utk skrg sudah tdk bermanfaat
    trima kasih

    teknologi

    BalasHapus
    Balasan
    1. ini bukanlah suatu teknik seo, ini hanyalah sebuah hasil dari seo yang kita lakukan.
      Contohnya : PageRank dan Rankweb, nah begitu juga DA dan PA merupakan hasil dari seo yang kita kerjakan.

      Situs yang memiliki DA dan PA tinggi sangat bagus, setiap posting akan mudah untuk tampil pada halaman pertama google dan juga cepat terindex.

      Hapus
  44. mulai faham mengapa suatu blog DA dan PA sangat diperhitungkan...makasih kakak penjelasannya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. oke sama-sama...
      semakin tinggi DA dan PA semakin bagus

      Hapus
  45. Mas, kira-kira kenapa ya, PA dan DA bisa beda jauh? PA-nya 32, DA-nya 18.

    BalasHapus
  46. Mas, kira-kira kenapa ya, PA dan DA bisa beda jauh? PA-nya 32, DA-nya 18.

    BalasHapus
    Balasan
    1. DA itu mengacu pada domain utama, setiap halaman akan memiliki DA yang sama, tapi jika PA akan berubah-ubah setiap halaman web kita, nah jadi DA ini memang lebih sulit untuk naik ketimbang dengan PA

      Hapus
  47. Bener2 berbobot artikelnya enak di baca dan cukup memakan waktu saya dengan konten berkualitasnya terimakasih :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. mencoba mengungkapkan semua yang ada di pikiran untuk di tulis pasti berbobot :D

      Hapus
  48. wah mantap keterangan nya mas. btw mau tanya nih
    cara untuk meningkat kan DA gimana ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. diatas juga ada gan, untuk meningkatkan DA coba aja posting artikel secara teratur dan konsisten sama banyakin backlink yang berkualitas pasti cepet naik

      Hapus
  49. Makasih mas infonya, kayanya saya emang harus belajar banyak dari mas febri

    BalasHapus
  50. Mas mau tanya dong, situs backlink yang bisa meningkatkan PA apa yah?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sering posting dan share ke sosial media, gabung juga di beberapa forum lokal, pasti bisa naik kok :D

      Hapus
  51. terima kasih, jadi makin tahu banyak tentang blogging

    BalasHapus
  52. saya ada blog yang tidak beranjak-anjak DA /PA nya ... hanya di angka " 1 " terus ... entah kenapa sebabnya? alamatnya di : __resepmila.com

    Saya blog lain yang bagus , tapi ada juga bebarapa blog DA & PA nya tak pernah naik, padahal dan sering update kontent.

    oh ya ... terima kasih informasinya mengenai DA dan PA ini ...

    salam

    BalasHapus
  53. situs saya DA66.7 PA tinggal 1 gara" hosting kena suspended hikss

    BalasHapus

Jika Ingin Memasukan Kode Script (CSS, HTML, JavaScript) Silahkan Gunakan Kode Dibawah ini :

1. Untuk Menyisipkan Kode Panjang Gunakan <i rel="pre">Kode Disini</i>
2. Untuk Menyisipkan Kode Pendek Gunakan <i rel="code">Kode Disini</i>
3. Untuk Menyisipkan Quote Gunakan <b rel="quote">Catatan Anda</b>
4. Untuk Menyisipkan Gambar Gunakan <i rel="image">URL Gambar</i>
5. Untuk Menyisipkan Video Gunakan <i rel="youtube">URL Video Youtube</i>

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Fast Hosting