www.domainesia.com

Pentingnya Menjadi Konsumen Cerdas Untuk Keluarga dan Bangsa

 Kementerian Perdagangan Logo
Pada umumnya setiap orang pernah melakukan kegiatan jual beli khususnya antara penjual dan konsumen, kegiatan jual beli ini tentunya sudah sering kita jumpai dalam kehidupan sehari-hari, baik itu di pasar, toko, supermarket, mall, atau bahkan jual beli online yang sedang berkembang pesat akhir-akhir ini. Konsumen dapat diartikan sebagai setiap orang yang menggunakan produk atau jasa yang tersedia dalam masyarakat untuk diambil manfaat atau kegunaannya baik itu untuk diri sendiri, keluarga, atau bahkan orang lain.

Menjadi seorang konsumen cerdas tentu harus Anda tanamkan dalam diri Anda sendiri, hal ini tentunya sangat penting karena menjadi seorang konsumen cerdas harus dapat bertindak secara kritis dan berani menegakkan hak sebagai konsumen jika suatu produk atau barang yang penjual tawarkan tidak sesuai dengan standar nasional, hal ini akan berpengaruh terhadap kualitas suatu produk atau jasa yang mereka tawarkan.

Oleh karena itu, tak heran jika antara penjual dan pembeli tidak saling menguntungkan, selalu ada saja pihak yang merasa dirugikan terutama kita sebagai konsumen, maka dari itu menjadi konsumen cerdas itu sangat penting. Lalu bagaimana menjadi konsumen yang cerdas ?

1. Menegakkan Hak dan Kewajiban Sebagai Konsumen

Sebagai konsumen kita berhak untuk memilih barang dan jasa yang kita inginkan sesuai dengan nilai tukar, kondisi barang dan jaminan yang mereka janjikan, hal ini harus kita perhatikan agar keselamatan dan keamanan dalam menggunakan suatu produk atau jasa yang ditawarkan benar-benar terjamin. Kita juga berhak atas informasi yang benar dan jujur dari suatu produk atau jasa yang ditawarkan, jangan sampai produk atau jasa yang telah kita gunakan tidak sesuai dengan apa yang kita inginkan dan ini akan membuat kita merasa rugi.

2. Teliti Sebelum Membeli

Teliti sebelum membeli merupakan suatu kewajiban bagi setiap konsumen yang akan membeli suatu produk atau jasa, mengetahui informasi produk atau jasa yang ditawarkan adalah hal utama yang dapat Anda tanyakan langsung kepada penjual atau setidaknya Anda bisa melihat secara langsung kondisi dari barang yang akan di beli, apakah menurut Anda bagus atau tidak. Dengan teliti diharapkan para konsumen tidak akan menyesal setelah membeli dan menggunakan suatu produk atau jasa tertentu.

3. Membeli Sesuai Dengan Kebutuhan

Yakinlah bahwa setiap konsumen memiliki keinginan untuk membeli berbagai macam produk atau jasa yang ada di masyarakat, tetapi percayalah bahwa kebutuhan merupakan prioritas utama yang harus Anda capai.

4. Memastikan Produk Sesuai Standar Mutu (SNI)

Setiap produk yang memiliki label SNI sudah dipastikan memiliki kualitas yang layak untuk kita konsumsi atau kita gunakan. SNI menjadikan standar mutu dari setiap produk atau jasa yang sangat efektif untuk memperkuat daya saing nasional, dengan ini akan meningkatkan efesiensi pasar sekaligus melindungi kesehatan masyarakat khususnya keluarga kita.

5. Memperhatikan Label, Manual dan Kartu Garansi Bahasa Indonesia

Setiap produk Sandang, Pangan, dan Papan pastikan memiliki label, buku manual atau kartu garansi bertujuan untuk memberikan informasi produk seperti masa berlaku, komposisi, buku panduan manual dalam Bahasa Indonesia.

6. Memperhatikan Masa Kadaluwarsa

Produk seperti makanan, minuman, obat-obatan, kosmetik harus dipastikan dalam keadaan baik dan terdapat masa berlakunya, jangan sampai Anda tidak memperhatikan hal ini karena dapat berbahaya bagi Anda atau keluarga Anda yang mengkonsumsi atau menggunakannya. Sebagai konsumen cerdas, jika melihat produk yang sudah melewati masa berlakunya beritahukanlah kepada penjual bahwa produknya sudah kadaluwarsa agar masyarakat lain yang kurang teliti tidak membeli produk yang sudah kadaluwarsa.

7. Menjadikan Produk Dalam Negeri Sebagai Pilihan Utama

Agar kita dapat bersaing di era perdagangan bebas Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) maka masyarakat Indonesia diharapkan memiliki kepedulian yang tinggi untuk membeli produk nasional, dengan begitu Indonesia memiliki daya saing yang kuat. Selain itu, dengan menjadikan produk lokal sebagai pilihan utama maka akan membantu mendorong kesejahteraan masyarakat Indonesia dalam meningkatkan kualitas ekonomi.

Pentingnya Menjadi Konsumen Cerdas Untuk Keluarga dan Bangsa

Mencerdaskan konsumen Indonesia merupakan tujuan pemerintah untuk membangun ekonomi Indonesia agar lebih baik lagi dan dapat bersaing secara internasional. Dengan mencintai, menggunakan, dan memperkenalkan produk lokal kepada masyarakat khususnya keluarga Anda dengan begitu hal ini akan membantu secara perlahan untuk mencerdaskan konsumen Indonesia.
Senyuman Manis Keluarga Yang Sedang Memegang Kipas Plastik Buatan Lokal

Menjadi konsumen cerdas untuk keluarga merupakan hal yang sangat penting tentu saja ini kita lakukan untuk keamanan dan kesehatan anggota keluarga, setiap produk yang digunakan haruslah memperhatikan keamanan dalam pengunaannya, apalagi produk pangan yang akhir-akhir ini sering kita temukan menggunakan zat-zat kimia yang dapat merusak tubuh, oleh karena itu bagi Anda orang tua yang memiliki anak haruslah lebih berhati-hati ketika mereka membeli makanan di luar.
Jajanan Anak Sekolah Dasar Yang Masih Belum Layak Konsumsi

Memberikan arahan kepada anak Anda khususnya yang sudah duduk di bangku sekolah dasar merupakan hal yang penting, telah kita ketahui bahwa banyak sekali jajanan yang kurang layak di konsumsi, maka dari itu berikanlah arahan kepada anak Anda agar memperhatikan jajanan yang mereka beli supaya tidak membeli makanan yang memiliki zat-zat berbahaya. Mungkin Anda juga bisa memberi mereka makanan dari rumah untuk mereka makan di sekolah dan agar tidak jajan di luar.

Menjadi konsumen cerdas untuk keluarga memang sangat begitu penting agar keluarga kita aman dan sehat, tidak hanya itu saja dengan menjadi konsumen cerdas Anda telah membantu upaya pemerintah untuk dapat meningkatkan kualitas ekonomi bangsa ini. Beberapa manfaat yang dapat merubah bangsa ini jika kita menjadi konsumen cerdas dan mencintai produk lokal yaitu diantaranya dapat meningkatkan produktivitas negara, menambah skala usaha dalam negeri, menciptakan lapangan perkerjaan, mengurangi angka kemiskinan dan kriminalitas, meningkatkan pertumbuhan ekonomi, serta dapat mengsejahterakan rakyat Indonesia.

Ternyata menjadi konsumen cerdas juga memiliki nilai positif untuk perubahan bangsa ini, jadi marilah kita belajar bersama bahwa menjadi konsumen cerdas merupakan langkah awal untuk menjadikan bangsa ini semakin maju dan dapat bersaing secara internasional.

10 Komentar untuk "Pentingnya Menjadi Konsumen Cerdas Untuk Keluarga dan Bangsa"

  1. betul banget mas, sebagai konsumen kita sendiri juga bisa menentukan supaya tidak mendapat kerugian ketika menjadi pembeli

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mas salah satunya teliti ketika membeli jangan sampai beli produk yang salah ya :D

      Hapus
  2. Sebagai pembeli memang perlu teliti biar enggak kena tipu atau kena kekecewaan.

    Dengan kajian diatas kita jadi sadar harus menjadi konsumen cerdas makasih mas.

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul sekali mas, kadang ada saja produk yang palsu yang dapat menipu oleh karena itu inilah pentingnya menjadi konsumen cerdaas ya :)

      Hapus
  3. sangat setuju dengan melakukan tips diatas pada saat belanja sama artinya dengan kita telah turut serta mencerdaskan keluarga juga negeri yang sudah mulai tidak cerdas ini kan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. ya, setidaknya menjadi konsumen cerdas kita mulai dari diri kita sendiri kemudian keluarga dan menjadikan bangsa ini lebih maju lagi :D

      Hapus
  4. Kadang kita harus teliti dan jeli lagi, jangan hanya tergiur dengan harga murah, yang ujung2 bakal kecewa. hem. nambah ilmu nih

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya betul sob, terkadang harga barang impor memang lebih murah tapi kualitas belum tentu SNI, jadi mending beli produk lokal aja ya yang sudah terjamin dengan kualitasnya :D

      Hapus
  5. kapan update lagi mas ? udah lama enggak updatenya

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya sob, ane gak punya banyak waktu sekarang... :(

      Hapus

Jika Ingin Memasukan Kode Script (CSS, HTML, JavaScript) Silahkan Gunakan Kode Dibawah ini :

1. Untuk Menyisipkan Kode Panjang Gunakan <i rel="pre">Kode Disini</i>
2. Untuk Menyisipkan Kode Pendek Gunakan <i rel="code">Kode Disini</i>
3. Untuk Menyisipkan Quote Gunakan <b rel="quote">Catatan Anda</b>
4. Untuk Menyisipkan Gambar Gunakan <i rel="image">URL Gambar</i>
5. Untuk Menyisipkan Video Gunakan <i rel="youtube">URL Video Youtube</i>

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Fast Hosting