Searching...
Home → Pengalaman Meminjam Uang Lewat Indodana

Pengalaman Meminjam Uang Lewat Indodana

Teman-teman pernah membutuhkan uang secara tiba-tiba gak ?
Misalnya lagi ada kebutuhan mendesak terus uang tabungan udah menipis, dan gak punya dana cadangan.  Kalau sudah masalah uang, terkadang teman sedekat apapun juga tidak bisa kasih pinjaman lho.  Apalagi kalau tidak ada jaminannya, siapa yang mau meminjamkan uang kepada Anda?

Kalau sudah begini, bank menjadi satu-satunya harapan untuk meminjam uang.  Namun kalau meminjam lewat bank, prosedurnya banyak dan membutuhkan waktu ber hari-hari untuk proses verifikasi data.  Nah, saya mau sharing pengalaman meminjam uang lewat aplikasi pinjaman online.

Siapa tau ada teman-teman yang mengalami hal yang sama.

Aplikasi yang saya maksud adalah aplikasi pinjaman online Indodana.
Pengalaman Meminjam Uang Lewat Indodana 1

Apa itu Indodana ? Indodana adalah situs finansial yang di bangun oleh PT Artha Dana Teknologi dan didirikan sejak November 2017 untuk memberikan layanan pinjaman dana berbasis teknologi.

Indodana ini sendiri di dirikan dengan tujuan untuk memberikan bantuan berupa layanan finansial bagi orang-orang yang tidak mendapatkan layanan secara perbankan. Teknologi Indodana memungkinkan peminjam untuk mengakses kredit secara digital dan terjangkau, tentunya juga fleksibel karena dapat di akses melalui perangkat mobile.

Nah, saat ini Indodana memungkinkan kita meminjam uang dengan menggunakan ponsel saja.  Di aplikasi ini kita bisa meminjam dana mulai dari Rp 500.000 hingga Rp 8.000.000 dengan lama tenor pinjaman mulai dari 1 bulan hingga 6 bulan.  Untuk meminjam dana di Indodana, sistemnya tanpa membutuhkan jaminan juga lho.  Sudah gak sabar mau tau cara penggunaan nya? Berikut ini akan Saya jelaskan step nya ya.

Cara penggunaannya adalah, pertama kita harus download dulu aplikasi Indodana yang ada di playstore smartphone kita, tentunya yang sudah punya basis Android ya, lalu install aplikasi IndoDana melalui smartphone.  Pada halaman awal, kita akan diminta memasukan nomor HP, jadi masukan saja nomor HP Anda untuk proses verifikasi awal.
Pengalaman Meminjam Uang Lewat Indodana 2

Setelah itu, tentukan nilai pinjaman dan periode pinjaman yang diinginkan.
Pengalaman Meminjam Uang Lewat Indodana 3

Saya ingin meminjam dana sejumlah Rp 2.000.000 dengan periode pinjaman selama 3 bulan.  Pada halaman aplikasi terlihat nominal cicilan yang harus dibayar setiap bulan yaitu Rp 932.000, selanjutnya lengkapi aplikasi Anda.
Pengalaman Meminjam Uang Lewat Indodana 4

Data aplikasi yang harus di isi antara lain foto KTP dan foto diri, data mengenai alamat tinggal, data referensi, mengunggah foto Anda ditempat kerja dan NPWP Anda, serta lengkapi data mengenai pekerjaan Anda, mengisi data keuangan Anda.

Namun untuk meminjam dana melalui aplikasi ini saya rasa sedikit ribet dan lebih banyak dibandingkan aplikasi pinjaman lainnya, belum lagi karena ada bagian calon debitur diwajib kan untuk mengisi bagian validasi pendapatan, pada bagian ini Anda harus mempunyai internet banking.  Sedangkan tidak semua orang memunyai fasilitas internet banking pada rekening bank nya.  Jadi jika tidak punya internet banking, tidak bisa melakukan aplikasi deh.

Seperti penyedia pinjaman lain, IndoDana juga mempunyai beberapa persyaratan untuk calon peminjam nya.  Berikut persyaratan pinjaman di Indodana:

  • Usia minimum calon peminjam adalah 21 tahun dan maksimum 50 tahun.
  • Memiliki rekening bank atas nama pribadi yang telah berjalan selama minimal 3 bulan atau lebih.
  • Memiliki penghasilan tetap dan telah bekerja minimal selama 3 bulan.
  • Warga Negara Indonesia (WNI).
  • Berdomisili dan berkerja di daerah Jabodetabek, calon peminjam harus dapat dihubungi (baik melalui alamat alamat tempat tinggal atau kantor).


Ini juga yang menjadi kekurangan Indodana menurut saya, karena Indodana saat ini hanya melayani pinjaman untuk calon peminjam yang berlokasi di daerah Jabodetabek.  Area layanan masih terbatas, jadi bagi yang berdomisili di luar Jabodetabek, tidak bisa menggunakan layanan dari Indodana untuk meminjam uang.

Lanjut lagi ke proses aplikasi, setelah menyelesaikan seluruh proses aplikasi yang di perlukan, selanjutnya kita tinggal menunggu saja, prosesnya biasa sekitar 1 sampai 2 hari untuk mendapatkan informasi lanjut dari pihak Indodana.  Saya menunggu 2 hari dan mendapatkan notifikasi bahwa proses aplikasi di setujui.  Selanjutnya pinjaman akan dikirimkan ke rekening Anda.

Yang menjadi daya tarik sendiri dari IndoDana buat saya adalah mereka menyediakan reward jika Anda membayar tepat waktu, dan reward ini dapat diuangkan waktu pinjaman berakhir.  Jadi reward ini menguntungkan bagi Anda yang rutin melakukan pinjaman, tentunya dengan pembayaran yang tepat waktu ya.

Metode pembayaran yang disedaikan oleh IndoDana juga cukup banyak, kita bisa membayar cicilan melalui bank Mandiri, bank Danamon, bank CIMB Niaga, bank Permata, ATM Bersama, serta melalui Alfamart dan Alfamidi.  Jadi gak perlu khawatir kalau rumah Anda jauh dari ATM, Anda bisa bayar cicilan melalui minimarket juga.

Overall, untuk aplikasi ini saya rasa bisa membantu bagi yang membutuhkan pinjaman, hanya saja menurut saya ada beberapa kekurangan dari aplikasi ini, seperti beberapa prosedur yang di wajibkan yang cukup ribet dan wilayah layanan yang masih terbatas.  Selebihnya menurut saya aplikasi ini bermanfaat, bunga yang di kenakan pada pinjaman yang saya lakukan juga kurang lebih sama dengan bunga yang di kenakan pada jasa penyedia pinjaman lainnya kalau dihitung-hitung sekitar 1%.

Jika Anda membutuhkan pinjaman dana serta mampu memenuhi semua persyaratan yang telah saya jelaskan sebelumnya.  Aplikasi Indodana ini bisa menjadi alternatif Anda meminjam dana jika sewaktu - waktu dibutuhkan.

Sekian dulu untuk review mengenai aplikasi ini, semoga dengan adanya review ini teman-teman bisa terbantu.

1 Komentar Untuk "Pengalaman Meminjam Uang Lewat Indodana"

Halo, kalau verifikasi datanya perlu telpon ke keluarga dan kantor gak ya?

Balas

Jika Ingin Memasukan Kode Script (CSS, HTML, JavaScript) Silahkan Gunakan Kode Dibawah ini :

1. Untuk Menyisipkan Kode Panjang Gunakan <i rel="pre">Kode Disini</i>
2. Untuk Menyisipkan Kode Pendek Gunakan <i rel="code">Kode Disini</i>
3. Untuk Menyisipkan Quote Gunakan <b rel="quote">Catatan Anda</b>
4. Untuk Menyisipkan Gambar Gunakan <i rel="image">URL Gambar</i>
5. Untuk Menyisipkan Video Gunakan <i rel="youtube">URL Video Youtube</i>
Out Of Topic Show Konversi KodeHide Konversi Kode Show EmoticonHide Emoticon

Terimakasih atas komentar Anda di "Pengalaman Meminjam Uang Lewat Indodana"