www.domainesia.com

Pengaruh Backlink Terhadap SEO

Pengaruh Backlink Terhadap SEO
Pengaruh Backlink Terhadap SEO - Backlink memang sangat berperan peting terhadap SEO, banyak sekali para Blogger mencari sebuah Backlink untuk meningkatkan kualitas blog miliknya sendiri, dan yang paling banyak dicari adalah backlink yang berkualitas seperti backlink dofollow, backlink edu, backlink gov, dan backlink yang berasal dari blog atau website yang memiliki tema atau niche yang sama dengan blog kita.

Apa Pengertian Backlink ?

Mungkin masih banyak yang bertanya tentang apa itu backlink ? Backlink adalah sebuah link masuk (Inbound Link) dari blog atau website lain menuju blog kita. Backlink ini dibagi menjadi dua bagian yaitu backlink yang mengarah ke homepage blog dan backlink yang mengarah ke artikel blog. Masing-masing fungsinya berbeda, silahkan simak dibawah ini :

1. Backlink Yang Mengarah Ke Homepage Blog

Backlink yang mengarah ke homepage sebuah blog fungsinya untuk meningkatkan popularitas suatu blog tersebut. Backlink yang mengarah ke homepage alangkah baiknya diterapkan untuk blog yang masih baru, blog yang masih baru ini minimal sudah berumur 1 bulan karena jika masih dibawah 1 bulan itu sangat terlalu muda atau cepat untuk mendapatkan sebuah backlink yang banyak dan ini akan sangat tidak cocok untuk blog baru.

2. Backlink Yang Mengarah Ke Artikel Blog

Backlink yang mengarah ke artikel blog ini diterapkan jika backlink yang menuju homepage blog Anda sudah cukup, jika blog Anda sudah berumur lebih dari 1 tahun alangkah baiknya backlink menuju homepage ini tidak diperlukan lagi dan saatnya mencari backlink yang menuju ke artikel atau postingan blog Anda. Backlink yang menuju artikel blog dipercayai akan atau dapat menjadikan artikel berada diposisi teratas hasil pencarian search engine.

Apa Pengaruh Backlink Terhadap SEO ?

Seperti yang sudah saya jelaskan diatas, bahwa backlink yang menuju hompage dan artikel blog akan sangat berpengaruh besar terhadap blog Anda. Berikut beberapa pengaruh atau dampak backlink terhadap seo :

1. Meningkatkan SERP (Search Engine Result Page)

Backlink memang sangat berpengaruh terhadap seo blog kita, banyak sekali yang mencari backlink demi mendapatkan posisi 1 dihasil pencarian google. Dengan memiliki banyak backlink terhadap suatu artikel blog maka posisi artikel Anda di hasil pencarian akan semakin meningkat dan memiliki SERP yang kuat, sehingga artikel Anda akan bertahan lama diposisi tersebut.

2. Meningkatkan PageRank

Percaya atau tidak suatu backlink dapat meningkatkan sebuah PageRank, backlink yang kita dapatkan dari blog atau website yang memiliki pagerank tinggi akan berimbas atau kita juga akan kecipratan atau bahasa Dokternya itu "Tertular", jadi jika kita mendapatkan backlink dari blog atau website yang memiliki pagrank tinggi maka kita akan mudah untuk mendapatkan suatu pagrank.

3. Meningkatkan Traffic Blog

Traffic Blog Meningkat ? Ya jelas, pengaruh backlink terhadap seo akan meingkatkan SERP yang tinggi dengan ini tentu traffic yang kita dapatkan akan meningkat karena artikel blog kita berada pada posisi teratas hasil pencarian. Dengan meningkatnya traffic blog maka situs akan semakin populer dan banyak dikenal orang.

4. Juara Kontes SEO

Ini dia yang banyak dicari oleh para Blogger, bagaimana cara memenagkan atau menjadi juara kontes seo blog ? Banyak sekali peserta kontes seo yang mencari suatu artikel agar artikel kontes seo miliknya berada pada posisi 1 google atau berada pada urutan paling atas. Ini suatu hal yang mustahil jika peserta kontes seo tersebut hanya bermodalkan tulisan artikelnya saja tanpa disertai dengan usaha untuk mencari backlink pada artikel tersebut.

Untuk menjadi juara kontes seo kita harus bisa mencari backlink yang berkualitas sebanyak mungkin yang menuju artikel kontes seo tersebut. Contohnya sekarang blog Ficri Pebriyana sedang mengikuti sebuah kontes seo yang berjudul "Kursus SEO dan Internet Marketing Terbaik di Jakarta", dari artikel-artikel orang lain terlihat sekali mereka sedang berusaha untuk mendapatkan posisi 1 di google dengan menempatkan link artikel mereka ke berbagai situs demi mendapatkan sebuah backlink.

Kesimpulan :
Jadi untuk mendapatkan suatu hasil yang maksimal agar posis suatu artikel berada pada urutan teratas pada hasil pencarian google diperlukan banyak backlink yang berkualitas yang menuju ke artikel tersebut. Sehingga pengaruh backlink terhadap seo sangat besar dan efek dari backlink tersebut akan membangun kualitas blog kita.

Bagaimana Cara Mendapatkan Backlink ?

Mungkin Anda juga perlu tau cara mendapatkan backlink yang berkualitas, disini saya tidak akan menjelaskannya karena sebelumnya saya sudah pernag memposting artikel tentang backlink, jadi silahkan baca artikel berikut ini :

Sekian artikel mengenai Pengaruh Backlink Terhadap SEO. Kurang lebihnya mohon maaf.
Semoga Bermanfaat...

33 Komentar untuk "Pengaruh Backlink Terhadap SEO"

  1. besar sekali mas pengaruh backlink bagi blog. kalau komentar pakai akun google itu kira-kira dapat backlink nggak mas :?

    BalasHapus
    Balasan
    1. untuk berkomentar menggunakan akun google tidak akan mendapatkan backlink, tapi untuk mendapatkan backlink dari google cukup kasih link di profil google+.

      Hapus
  2. back link seperti gov, edu, ternyata sangat berpengaruh sekali ya untuk blog kita. terima kasih untuk infonya

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mas, backlink gov dan edu adalah backlink yang berkualitas...

      Hapus
  3. Ternyata Pengaruhnya Besarjuga .. Nice Info Bro..

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mas, asal jangan terlalu over backlink aja mas, itu malah bisa berbahaya

      Hapus
  4. Betul sekali, suatu backlink sangat dibtuhkan sekali untuk web/blog krena utk memperkuat persaingan di search engine :)

    BalasHapus
  5. karena sangat besar manfa'atnya dan sangat banyak diburu oleh para kalangan blogger, hingga sangat susah ya mas dalam mendapatkan backlink ini

    BalasHapus
  6. untuk backlink yang berkualitas memang sangat susah, yang mau mudahnya ya pakai jasa backlink, tapi mahal :D

    BalasHapus
  7. Makasih infonya mas, kunjungan perdana

    BalasHapus
  8. Alhand tercerahkan dari pembahasan ini

    BalasHapus
  9. Backlink emang ngaruh banget buat SEO ya, Bang. Paling suka dapetin dari blogwalking sih :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya pastinya ngaruh,
      dari blogwalking juga perlu hati-hati ya mbak :D

      Hapus
  10. wahhhh ternyata pengaruhnya positif semua yahhh mantaaapp dah gan infonya hehe makasii yah

    BalasHapus
    Balasan
    1. selama backlink tidak berlebihan (over backlink) maka akan sangat bermanfaat dan berpengaruh positif

      Hapus
  11. backlink yang bagus harus sesuai text yang diincar yah?

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya, yang bagus itu sesuai dengan keywords nya

      Hapus
  12. Saya sudah komentar di website .gov tetapi kok dicek belum ada ya ....?

    BalasHapus
    Balasan
    1. backlink tidak akan langsung didapatkan pada saat itu juga, apalagi backlink nofollow ini membutuhkan waktu yang lama,
      selain itu dibutuhkan juga alat untuk mengecek backlink yang lebih spesifik

      Hapus
  13. Kenapa ya Mas..saya sering share ke facebook, tp sampai sekarang di cek di webmaster google, backlink tidak ada ya Mas..

    BalasHapus
    Balasan
    1. untuk dapat backlink dari facebook memang susah mas,
      tetapi coba aja buat halaman yang khusus untuk share artikel-artikel blog

      Hapus
  14. page rank masih 0 huhu
    www.ibnureza.com

    BalasHapus
  15. Setuju gan....sya lebih percaya dari backlink untuk meningkat seo dibandibgkan setingg robot.tx...
    Thanks sudh berbagi gan..mampir ke blog sya gan..
    www.seputaredukasi.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. pastinya backlink sangat membantu meningkatkan kualitas seo...

      Hapus
  16. Ane kenapa malas ya memburu backlink paling malas didunia tapi alhamdulilah trafik tidak sepi-sepi amat 16 k perhari, ya mungkin untuk orang yang mahir dan berpengalaman didunia seo trafik segitu sedikit, tapi menurut saya itu pencapaian luar biasa, saya bertekad akan meningkatkannya dengan menambah backlink thanks mas atas infonya

    BalasHapus
  17. terima kasih banyak infonya, saya masih newbie di seo masih banyak harus belajar...

    BalasHapus
  18. thank infonyamin...

    BalasHapus

Jika Ingin Memasukan Kode Script (CSS, HTML, JavaScript) Silahkan Gunakan Kode Dibawah ini :

1. Untuk Menyisipkan Kode Panjang Gunakan <i rel="pre">Kode Disini</i>
2. Untuk Menyisipkan Kode Pendek Gunakan <i rel="code">Kode Disini</i>
3. Untuk Menyisipkan Quote Gunakan <b rel="quote">Catatan Anda</b>
4. Untuk Menyisipkan Gambar Gunakan <i rel="image">URL Gambar</i>
5. Untuk Menyisipkan Video Gunakan <i rel="youtube">URL Video Youtube</i>

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Fast Hosting