www.domainesia.com

5 Hal yang Harus disiapkan untuk Belajar Cara Membuat Website

Sebelum kita belajar cara membuat website maka langkah awal yang perlu kita lakukan yaitu menentukan tujuan yaitu untuk apa Anda membuat website ?

Apakah Anda hanya sekedar ingin belajar membuat website atau ingin lebih spesifik lagi misalnya, ingin membuat website toko online atau ingin membuat website profil perusahaan.

Semuanya itu tergantung kepada diri Anda sendiri, karena beberapa orang memiliki tujuan yang berbeda-beda dalam membuat website.

Ingat! tujuan itu penting dan perlu Anda persiapkan lebih matang lagi sebelum membuat website.

Setelah Anda mengetahui tujuannya, barulah kita memulai untuk mempersiapkan hal-hal apa saja yang perlu disiapkan dalam pembuatan sebuah website.

5 Hal yang Harus disiapkan untuk Belajar Cara Membuat Website


5 Hal yang perlu disiapkan untuk membuat website

Berikut ini ada beberapa hal penting yang wajib kamu persiapkan sebelum membuat website sendiri diantaranya yaitu :

1. Perangkat Pribadi

Untuk dapat membuat website Anda memerlukan perangkat sendiri seperti pc, laptop, tablet atau hp smartphone (android atau iphone). Memang saya menganjurkan untuk memakai pc atau laptop namun Anda tidak harus kawatir karena Anda tetap dapat membuat website memakai tablet atau hp smartphone.

Laptop atau pc akan lebih memudahkan Anda dalam melakukan proses instalasi website walaupun di smartphone juga bisa namun dengan layar yang lebih lebar akan jauh lebih baik.

2. Hosting

Hosting merupakan jasa layanan yang wajib disiapkan dalam membuat website Anda supaya dapat di akses lewat internet sepanjang 24 jam tanpa sempat mati.

Hosting ini memiliki fungsi seperti hard disk dimana bisa kita katakan sebagai tempat menyimpan berbagai file yang ada di dalam website Anda.

Harap ingat domain dan hosting ialah layanan satu paket maksudnya Anda tidak dapat cuma memiliki salah satu entah itu domain atau hosting saja.

Sebagian besar penyedia hosting di Indonesia telah menyediakan paket bundle beli hosting gratis domain di paket-paket tertentu.

Salah satu penyedia hosting murah di Indonesia yaitu Niagahoster yang memberikan domain gratis di paket pelajar, paket personal, dan paket bisnis.

fitur hosting niagahoster


3. Domain

Domain merupakan nama alamat suatu website misalnya: ficripebriyana.com. Jadi supaya orang lain dapat mengunjungi website Anda di internet, Anda wajib memiliki nama domain sendiri.

Nama domain ini juga perlu Anda buat dengan nama yang unik dan sesuai dengan tujuan Anda membuat website tadi misalnya, apabila untuk memasarkan produk Anda maka gunakanlah nama domain yang sama dengan produk atau jasa yang ingin Anda tawarkan.

4. WordPress

WordPress merupakan aplikasi atau platform yang disebut Content System Management (CMS) tujuanya buat mempermudah Anda mengatur tampilan, postingan, foto dan menu pada website dengan mudah. Platform/Aplikasi wordpress inilah yang hendak di install ke dalam hosting milik Anda.

WordPress ialah platform yang sangat terkenal dimana terdapat sekitar 39% website di seluruh dunia sudah memakai platform wordpress. Sekitar 63% para pengguna aplikasi/platform website sudah memakai wordpress dibanding platform lain dan satu lagi aplikasi wordpress itu gratis.

content management system statistics


5. Konten

Konten juga sangat penting untuk website Anda agar pengujung bisa tahu apa saja yang Anda informasikan ke pengunjung website Anda baik itu dalam wujud tulisan, foto atau video. Intinya saya tidak ingin website yang Anda buat isinya kosong melompong tanpa terdapat apa-apa didalamnya.

Karena kalau tidak ada konten di dalam website maka tidak akan ada yang mengunjungi website Anda kecuali dengan mengetikan nama domain website Anda.

Namun tetap saja apabila pengunjung website Anda membuka web Anda tapi didalamnya masih kosong maka mereka juga akan langsung pergi.


Kesimpulan

Untuk membuat website pada dasarnya memang Anda hanya memerlukan hosting dan domain, sisanya seperti pc/laptop, cms, dan artikel merupakan pendukung Anda untuk melengkapi kebutuhan website.

Namun semuanya menjadi kesatuan yang tidak boleh Anda pisahkan.

Nah bagi yang ingin membuat website, silahkan mulai dari sekarang degan menggunakan hosting murah dan domain dari penyedia layanan hosting di Indonesia yaitu Niagahoster.

Belum ada Komentar untuk "5 Hal yang Harus disiapkan untuk Belajar Cara Membuat Website"

Posting Komentar

Jika Ingin Memasukan Kode Script (CSS, HTML, JavaScript) Silahkan Gunakan Kode Dibawah ini :

1. Untuk Menyisipkan Kode Panjang Gunakan <i rel="pre">Kode Disini</i>
2. Untuk Menyisipkan Kode Pendek Gunakan <i rel="code">Kode Disini</i>
3. Untuk Menyisipkan Quote Gunakan <b rel="quote">Catatan Anda</b>
4. Untuk Menyisipkan Gambar Gunakan <i rel="image">URL Gambar</i>
5. Untuk Menyisipkan Video Gunakan <i rel="youtube">URL Video Youtube</i>

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Fast Hosting