Jenis-jenis Kabel Listrik yang Paling Sering Digunakan

Mengingat listrik adalah salah satu kebutuhan manusia yang paling penting kala ini, maka kabel listrik pun menjadi salah satu barang yang paling sering digunakan di dalam kehidupan sehari-hari.

Mulai dari peralatan elektronik layaknya televisi, lampu, sampai charger ponsel, seluruh perlu kabel listrik agar bisa beroperasi sesuai fungsinya. Tanpa kabel listrik, tidak mungkin Anda bisa nikmati manfaat dari peralatan elektronik yang ada di rumah.

Secara umum, kabel listrik adalah tempat untuk menghantarkan arus listrik. Kabel listrik terdiri dari bahan isolator dan konduktor.

Konduktor terbuat dari bahan tembaga ataupun aluminium. Konduktor merupakan anggota dari kabel yang berguna untuk menghantarkan arus listrik, namun isolator merupakan bahan pembungkus kabel yang umumnya terbuat dari bahan termoplastik.

Isolator tidak bisa menghantarkan listrik, karena fungsinya hanya sebagai pelindung. Berkat isolator, Anda akan selalu aman kala melakukan aktivitas yang bersentuhan bersama dengan kabel.

Setiap jenis kabel umumnya disempurnakan sesuai dengan bahan dasar pembuatannya, yang mencakup ukuran kabel, tegangan nominal, kode bahan, dan jumlah wire di dalam kabel. Informasi ini berguna agar Anda bisa menggunakan jenis kabel yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Berikut ini beberapa jenis kabel listrik yang paling umum digunakan beserta fungsinya.

jenis kabel listrik


1. Kabel NYM

Jenis kabel NYM ini sering digunakan di rumah dan gedung, bersama dengan inti kabel yang terdiri dari satu sampai empat inti dan disempurnakan dengan lapisan isolasi PVC. Keberadaan bahan isolasi memicu kabel bisa digunakan di area kering ataupun basah, dan miliki tingkat keamanan yang cukup baik.

2. Kabel NYA

Kabel jenis NYA adalah kabel dengan inti yang terbuat dari bahan tembaga tunggal dan dilapisi bahan isolator PVC satu lapis. Kabel jenis ini umumnya digunakan untuk instalasi di perumahan dan instalasi kabel udara. Jika Anda ingin menggunakan kabel NYA, sebaiknya dilengkapi dengan pelindung seperti pipa PVC.

3. Kabel NYY

Jenis kabel ini miliki inti tembaga berisolasi PVC. Kabel jenis NYY dibuat untuk instalasi yang ditanam di dalam tanah, atau suasana di lingkungan terbuka dengan tambahan perlindungan layaknya duct, pipa PVC, atau pipa besi. Yang perlu Anda ketahui, bahan isolator terhadap kabel ini miliki konstruksi yang lebih kuat sehingga harganya lebih mahal. Selain itu, bahan isolator terhadap kabel jenis NYY umumnya disempurnakan bersama dengan anti gigitan tikus.

4. Kabel NYAF

Jenis kabel ini miliki inti tembaga berserabut, bersama dengan inti tunggal berisolasi bahan isolator PVC satu lapis. Ini adalah kabel yang miliki pembawaan fleksibilitas yang tinggi karena inti tembaganya berbentuk serabut. Kabel jenis ini sesuai untuk instalasi terhadap panel listrik yang perlu banyak lekukan. Namun, kabel NYAF sebaiknya tidak digunakan di lingkungan terbuka yang basah maupun kering karena enteng terkelupas.

5. Kabel NYYHY

Jenis kabel nyyhy ini miliki satu atau lebih inti tembaga berserabut dan miliki selubung luar berbentuk bahan isolator dari PVC. Ini adalah jenis kabel yang sering digunakan di dalam rumah karena fleksibel agar enteng untuk dipasang.

6. Kabel NYMHY

Jenis kabel ini miliki lebih dari satu inti tembaga berserabut bersama dengan bahan isolasi terluar berbentuk PVC. Kabel ini juga sering dipakai untuk instalasi listrik skala rumah tangga di bawah 900 watt. Kabel NYMHY terdiri dari tiga bagian, yaitu anggota konduktor, isolator anggota dalam, dan pelindung luar yang juga terbuat dari bahan isolator.

7. Kabel NYMHYO

Jenis kabel ini miliki lebih dari satu inti tembaga berserabut yang diisolasi bersama dengan bahan isolator PVC dan miliki selubung luar. Kabel ini sering dipakai di peralatan audio, layaknya sound system, kabel loudspeaker, dan lain-lain. Kabel NYMHYO tidak didesain untuk instalasi listrik arus besar dan penggunaannya hanya untuk di dalam ruangan karena kabel ini tidak miliki selubung luar yang tahan cuaca.

Belum ada Komentar untuk "Jenis-jenis Kabel Listrik yang Paling Sering Digunakan"

Posting Komentar

Jika Ingin Memasukan Kode Script (CSS, HTML, JavaScript) Silahkan Gunakan Kode Dibawah ini :

1. Untuk Menyisipkan Kode Panjang Gunakan <i rel="pre">Kode Disini</i>
2. Untuk Menyisipkan Kode Pendek Gunakan <i rel="code">Kode Disini</i>
3. Untuk Menyisipkan Quote Gunakan <b rel="quote">Catatan Anda</b>
4. Untuk Menyisipkan Gambar Gunakan <i rel="image">URL Gambar</i>
5. Untuk Menyisipkan Video Gunakan <i rel="youtube">URL Video Youtube</i>

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel