www.domainesia.com

Tidak Penting Memasang Breadcrumbs Untuk Blog

Tidak Penting Memasang Breadcrumbs Untuk Blog - Ficri Pebriyana
Tidak Penting Memasang Breadcrumbs Untuk Blog - Setelah saya mencari-cari cara agar Artikel Muncul di Page 1 Google ternyata sangat banyak cara tersebut, mulai dari Optimasi SEO On Page hingga Optimasi SEO Off Page dan teknik SEO lainnya yang bisa memaksimalkan hasil penelusuran blog atau website kita dalam sebuah search engine tertentu khususnya Google.

Dalam memaksimalkan hasil penelusuran di search engine, khususnya untuk yang menjual barang, produk, dan jasa pada sebuah website maupun blog ini perlu diketahui agar bisa memaksimalkan hasil pencarian, selain itu dalam mengikuti event atau lomba review blog atau Kontes SEO juga membutuhkan ilmu agar artikel bisa muncul di page one Google.

Nah disini blog Ficri Pebriyana akan memberikan sebuah informasi mengenai Blogger, yaitu tidak penting memasang breadcrumbs untuk blog. Mengapa saya berani mengatakan ini ? Tentu saja, setelah menelusuri artikel-artikel yang berada di halaman pertama google seperti website-website besar semuanya hampir tidak menggunakan breadcrumbs. Memang saat ini breadcrumbs banyak digunakan, tetapi hanya website atau blog yang sudah populer dan memiliki SERP yang tinggi saja untuk berada pada halaman pertama google. Untuk penjelasan dan bukti-bukti tidak pentingnya breadcrumbs bisa dilihat dibawah :

Apa Itu Breadcrumbs ?

Breadcrumb atau Breadcrumbs adalah sebuah navigasi untuk memudahkan pengunjung mengetahui posisi mereka sedang berada dimana, layaknya sebuah peta atau map breadcrumbs ini memudahkan kita mengetahui posisi dimana kita sedang berada. Breadcrumbs ini memang sangat membantu pengunjung ataupun visitor, namun untuk hal SEO breadcrumbs ini tidak cocok untuk dipakai ataupun dipasang.

Mengapa Breadcrumbs Tidak Penting ?

Banyak situs-situs besar yang tidak menggunakan breadcrumbs meraih posisi 1 pada google, lalu pada posisi berikutnya adalah situs yang menggunakan breadcrumbs. Ada beberapa alasan tidak pentingnya breadcrumbs dipasang pada sebuah blog atau website, inilah alasannya :

1. Tidak Direkomendasikan Google

Google tidak menyarankan agar sebuah website ataupun blog menggunakan breadcrumbs, bisa Anda lihat Google Webmaster saja tidak menggunakan breadcrumbs, masuk ke sini :
https://support.google.com/webmasters/answer/185417?hl=en
Disana Anda akan menemukan sebuah Catatan dan Tentang Breadcrumbs :
Note: This article describes an experimental format. Depending on feedback and on other available markup standards, it may be modified or replaced in the future.
Catatan: Artikel ini menjelaskan format eksperimental. Tergantung pada umpan balik dan standar markup lain yang tersedia, hal itu dapat diubah atau diganti di masa depan.
Eksperimental yang artinya ini hanya sebuah  tools yang tidak menjamin 100% dan akan berkembang terus-menerus seiring berkembangnya teknologi Internet, seperti saat melakukan Validasi HTML5 yang merupakan sebuah tools eksperimental.
About Breadcrumbs: A breadcrumb trail is a set of links (breadcrumbs) that can help a user understand and navigate your site's hierarchy, like this :
Home > Blog SEO > NewsTidak Penting Memasang Breadcrumbs Untuk Blog
Tentang Breadcrumbs: Sebuah jejak breadcrumb adalah seperangkat link (breadcrumbs) yang dapat membantu pengguna memahami dan menavigasi hirarki situs Anda, seperti ini :
Home > Blog SEO > News > Tidak Penting Memasang Breadcrumbs Untuk Blog
Dalam pengertian diatas jelas, bahwa breadcrumbs hanyalah sebuah perangkat link yang membantu pengguna (visitor/pengujung). Jadi tidak penting dipasang pada blog karena itu hanya membantu pengunjung, dan tidak adak efek pada mesin pencari.

2. Membingungkan Robots Mesin Pencari

Yap, dengan datangnya robots kepada situs web atau blog kita sudah sangat gembira, dengan kedatangan robots mesin pencari ini artikel kita akan mudah dan cepat di index, namun apa jadinya ketika blog atau website menggunakan breadcrumbs. Robots mesin pencari akan kebingungan saat akan mengcrawl atau mengindex situs blog Anda, karena terlalu banyak judul yang menumpuk jadi dalam satu /search dan juga dalam label blog Anda.

3. Website Besar Tidak Menggunakan Breadcrumbs

Pernahkah Anda melihat dan memperhatikan artikel yang ada paling atas atau urutan 1 di google, hampir semuanya tidak menggunakan breadcrumbs, jadi menurut saya ini salah satu faktor untuk bisa memperoleh urutan pertama pada google. Apa jadinya ketika website besar menggunakan breadcrumbs, mungkin mereka akan memiliki banyak label sehingga setiap judul akan menumpuk, seperti yang sudah dijelaskan diatas robots mesin pencari akan kebingungan. Lihat saja Google, Facebook, Wikipedia, dan website besar lainnya tidak menggunakan breadcrumbs, bukti gambarnya bisa lihat dibawah ini :
Tidak Penting Memasang Breadcrumbs Untuk Blog 1 - Ficri Pebriyana

4. Menggunakan Breadcrumbs vs Tanpa Breadcrumbs

Dalam hasil pencarian kita memang bertarung untuk merebut posisi 1 di google, dengan berbagai tips atau trik blog agar artikel bisa muncul dan tahan lama di urutan pertama google, salah satunya dengan tidak menggunakan breadcrumbs, dan hasilnya blog Tanpa Breadcrumbs yang menang dan hasilnya menempati urutan 1 di google, lihat bukti gambar berikut :
Tidak Penting Memasang Breadcrumbs Untuk Blog 2 - Ficri Pebriyana

5. Breadcrumbs Mengurangi Keywrods (Kata Kunci)

Lihat Kotak Orange pada gambar diatas Pengguna Breadcrumbs hanya memiliki 1 Kata Kunci yaitu hanya pada Judul Artikel saja, sedangkan Bukan Pengguna Breadcrumbs memiliki 2 Kata Kunci yaitu pada Judul Artikel dan Link Artikel. Dengan begitu pengguna breadcrumbs tentu akan kalah dibandingkan dengan tanpa breadcrumbs, karena kata kunci yang dimiliki tanpa breadcrumbs jauh lebih banyak. Dengan menggunakan breadcrumbs juga dapat diartikan mengurangi kata kunci pada hasil penelusuran inilah sebabnya artikel yang menggunakan breadcrumbs kalah dibandingkan dengan tanpa breadcrumbs, oleh sebab itu breadcrumbs tidak penting untuk dipasang pada blog atau website.

6. The King of SEO (Raja SEO)

Siapa lagi kalau bukan Matt Cutts rajanya seo, Matt Cutts juga memiliki sebuah blog dia sendiri tidak menggunakan breadcrumbs bisa Anda cek sendiri artikel miliknya di google www.mattcutts.com/blog/

Catatan :
  1. Jika ada blog atau website yang menggunakan breadcrumbs menempati urutan 1 google dibandingkan dengan tanpa breadcrumbs, ini disebabkan suatu blog atau website tersebut memang sudah memiliki SERP yang bagus dan tinggi.
  2. Kembali kepada diri Anda sendiri, apakah ingin Menghapus Breadcrumbs ataukah Memasang Breadcrumbs.
  3. Alasan menggunakan breadcrumbs untuk seo ini tidak tepat, lebih tepatnya untuk membantu pengunjung blog.
Sekian artikel mengenai Tidak Penting Memasang Breadcrumbs Untuk Blog. kurang lebihnya mohon maaf. Semoga Bermanfaat...

17 Komentar untuk "Tidak Penting Memasang Breadcrumbs Untuk Blog"

  1. Oh, jadi ternyata tidak terlalu penting yah dalam memasng breadcrumb !

    salam blogwalking !

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya sob, breadcrumbs ini hanya bermanfaat untuk kita sendiri, bukan mesin pencari...

      Hapus
  2. :D Niatan mau pasang BR tapi baca info ini jadi ngak jadi deh :D thanks sob :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya tidak melarang untuk tidak memasang breadcrumbs,
      cuman mau pilih mana antara pengujung atau search engine :D

      Hapus
  3. wah bener juga ya om :) thanks infonya

    BalasHapus
  4. banyak info baru disini. trimakasih gan. semoga sukses

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehe info tentang blogger,
      makasih sudah mampir.... :D

      Hapus
  5. jadi begitu yah makasih tambahan ilmunya , dan blog sudah saya follow :)

    BalasHapus
  6. blog saya juga menggunakan breadcrumbs dan setelah saya publish artikel dan hanya hitungan detik saja blog saya sudah nongol di gugel, banyak faktor lain tentang SEO, kita tidak akan pernah tahu rahasia tersebut. sesuatu yang bisa nongol di mesin pencarian pasti ada manfaatnya, kita jangan membandingkan situs2 besar, mereka memiliki pagerank tinggi dan ranking alexa yang kurus, link extenal yang besar, tidak heran mereka bisa nomor satu di gugel, alias mereka sudah menjadi langganan google.

    BalasHapus
    Balasan
    1. ya memang seo penuh misteri harus bagaimana kita melakukannya, saya rasa tidak begitu harus tau, yang penting memberikan yang terbaik saja :D

      Hapus
  7. Lalu, Apakah ada cara untuk menghapus breadcrumbs mas?? kalau ada, bagaimana caranya??

    BalasHapus
    Balasan
    1. untuk menghapus breadcrumbs sama saja seperti memasang breadcrumbs, tinggal kebalikannya saja.
      coba cari di google cara menghapus breacrumbs, pasti ada. saya juga sudah mencobanya...

      Hapus
    2. jadi kebalikkannya ya mas... oke mas, terima kasih.. :)

      Hapus
  8. Pantes sepi blog saya ..hahaha
    Trnyata sya blum lakukan cara" ini.
    Ok. Thx gan

    BalasHapus

Jika Ingin Memasukan Kode Script (CSS, HTML, JavaScript) Silahkan Gunakan Kode Dibawah ini :

1. Untuk Menyisipkan Kode Panjang Gunakan <i rel="pre">Kode Disini</i>
2. Untuk Menyisipkan Kode Pendek Gunakan <i rel="code">Kode Disini</i>
3. Untuk Menyisipkan Quote Gunakan <b rel="quote">Catatan Anda</b>
4. Untuk Menyisipkan Gambar Gunakan <i rel="image">URL Gambar</i>
5. Untuk Menyisipkan Video Gunakan <i rel="youtube">URL Video Youtube</i>

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Fast Hosting