www.domainesia.com

6 Kesalahan Yang Sering Dilakukan Blogger

6 Kesalahan Yang Sering Dilakukan Blogger - Ficri Pebriyana

6 Kesalahan Yang Sering Dilakukan Blogger - Selamat siang sobat, apa kabarnya ? Blogger adalah orang yang mempunyai blog, mengurus blog, atau bisa juga dibilang sebagai penulis blog. Namun blogger juga manusia yang juga pernah melakukan kesalahan baik itu yang secara sadar maupun tidak. Nah disini saya akan membahas 6 kesalahan yang sering dilakukan blogger baik itu pemula atau yang sudah biasa.

Sering sekali tentunya kita sebagai blogger melakukan beberapa kesalahan ketika blogging. Dan hal tersebut bisa membuat kita malah menjadi tidak semangat untuk mengurus blog hingga akhirnya akan menjadi efek buruk terhadap blog kita, maka dari itu Anda perlu mengetahui beberapa kesalahan yang sering dilakukan blogger agar tidak berefek buruk terhadap blog Anda di masa yang akan datang. Nah, untuk lebih jelasnya silahkan baca 6 kesalahan yang sering dilakukan blogger dibawah ini :

1. Berpikiran Untuk Mendapatkan Uang

Ini adalah kesalahan blogger yang paling fatal, memang banyak blogger yang sukses mendapatkan penghasilan tetap dari blog namun jika Anda ingin sukses, jangan terlalu berpikiran untuk mendapatkan uang jika Anda sendiri belum menyiapkan apapun. Pada postingan sebelumnya seringkali saya singgung mengenai langkah-langkah yang harus dilakukan jika ingin sukses mendapatkan penghasilan dari blogging yaitu :

  • Membuat Blog Lalu Membangunnya
  • Menulis Konten Berkualitas dan Menarik
  • Menargetkan atau Membangun Pengunjung
  • Menentukan Cara Bagaimana Mendapatkan Penghasilan

Jadi, jika ingin mendapatkan penghasilan dari blogging, ada langkah-langkah yang harus dilakukan barulah menentukan cara untuk mendapatkan penghasilan. Jadi mulai sekarang ubahlah pemikiran Anda yang ingin mendapatkan uang dari blog namun belum memulai apa-apa, karena riset mengatakan bahwa rata-rata blogger gagal ialah blogger yang hanya ingin mencari penghasilan, karena mereka fokus terhadap bagaimana caranya mendapatkan uang yang banyak, tanpa fokus terhadap kualitas konten dan pengoptimalan pada blognya sendiri.

2. Mengabaikan SEO

Ini juga tak kalah penting dari nomor 1, karena mengabaikan SEO sama dengan menjauhkan pengunjung, SEO berfungsi sebagai  penentu atau nilai untuk meletakkan posisi suatu blog/artikel pada search engine. Jadi jika kita mengabaikan SEO maka otomatis blog atau artikel kita akan jauh dari posisi awal search engine sehingga sulit untuk mendapatkan pengunjung.

"Kan Bisa BlogWalking ?" Blogwalking, memangnya Anda ingin mendapatkan traffik hanya dari blogwalking ? Dan jika Anda terus-terusan blogwalking tanpa mendapat traffik organik itu artinya blog Anda tidak ada kemajuan, dan tidak dianggap oleh google. Sehingga melakukan beberapa teknik SEO untuk meningkatkan rank artikel di search engine, misalnya dengan menerapkan Teknik SEO On Page dan Teknik SEO Off Page yang mungkin bisa sedikit membantu Anda untuk mendapatkan posisi 1 di google.

3. Membuat Konten Asal-Asalan

Dalam blogging ada istilah "Content Is The King" ya benar sekali, konten adalah raja di blog kita. Setiap visitor yang datang kepada blog kita tentunya mencari apa yang mereka butuhkan dan terutama artikel yang dapat membantu mereka. Dengan begitu memiliki konten yang dapat bermanfaat bagi banyak orang akan jauh lebih baik dibandingkan dengan membuat konten yang asal-asalan, ini hanya akan membuang-buang waktu Anda saja.

Jadi dalam membuat konten perlu diperhatikan dengan baik, apa lagi jika Anda mampu membuat konten seo friendly tentunya ini akan menjadi suatu kelebihan bagi Anda sendiri. Dan perlu Anda ingat bahwa janganlah membuat konten yang sembarangan karena visitor tidak akan terlalu menyukainya.

4. Menghiraukan SEO dan Human Friendly 

Jika ditanya "pentingan mana seo friendly dengan human friendly ?" Tentu keduanya sama penting, seo friendly berguna untuk optimasi search engine sedangkan human friendly berguna untuk manusia atau pengunjung. SEO friendly tanpa human friendly tidak akan berjalan, karena jika blog itu hanya human friendly namun tidak seo friendly blog itu akan sulit mendapatkan traffik organik, begitu juga sebaliknya jika blog itu sangat seo friendly namun tidak human friendly maka pengunjung tidak akan mau datang ke blog itu, akibatnya blog itu akan sepi pengunjung dan mempengaruhi seo friendly tadi sehingga peringkatnya menurun.

5. Sering Ganti Template

Ini biasanya kesalahan yang sering diakukan blogger pemula, meski kelihatan biasa namun akibatnya sangat fatal, mengapa begitu ? Ini sudah saya buktikan sendiri bawha saya kehilangan hingga 30% pengunjung ketika mengganti template, sehingga ketika akan mengganti template blog perlu Anda ketahui kualitas template baru apakah lebih baik dari template yang sedang Anda gunakan.

Sering berganti-ganti template akan menurunkan kualitas seo juga maupun nilai pengunjung, jika Anda terlalu sering berganti-ganti template pengunjung akan bosan. Selain itu template berguna sebagai ciri dari blog Anda sehingga pengunjung akan kenal dan tidak mudah lupa, namun jika Anda terlalu sering berganti template pengunjung tidak akan ingat blog Anda.

6. Tidak Fokus

Kesalahan blogger yang terakhir ialah tidak fokus, jika Anda ingin menjadi blogger sukses Anda harus fokus terhadap blog Anda, fokus terhadap konten Anda, sama dengan halnya cita-cita jika Anda ingin cita-cita Anda tercapai maka Anda harus fokus dan giat dalam menggapai cita-cita itu. Begitu juga dengan blogger harus fokus meskipun banyak kita jumpai blogger kaya raya yang sering bermain game atau jarang update itu wajar karena sebelum mereka sukses mereka fokus dalam membangun blog itu setelah itu barulah menikmati hasilnya.

Tidak fokus dan malas dalam update artikel akan menurungkan kualitas blog Anda, ini yang sedang saya alami sekarang ketidak fokusan ini mampu menurunkan visitor blog dan kualitas blog juga menurun karena artikel yang jarang di update. Oleh karena itu kita perlu membagi waktu kita agar dapat mengurus blog kita walaupun hanya sebentar saja.

Sekian artikel mengenai 6 Kesalahan Yang Sering Dilakukan Blogger. Kurang lebihnya mohon maaf.
Semoga Bermanfaat...

29 Komentar untuk "6 Kesalahan Yang Sering Dilakukan Blogger"

  1. Wahh efek ganti template cukup besar yahh dampaknya

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya om, ini udah saya coba sendiri dan memang hasilnya visitor berkurang, kalau mau sih jangan ganti template tapi upgrade template :)

      Hapus
  2. Iya.. ane awalnya sih berfikir ke nomor 1 :3 tapi sekarang nggak, aku sekarang tujuan ngeblog buat berbagi sama silaturahmi.. hhe :-bd

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya, intinya sih kalau cari uang dari blog nanti saja kalau blog memang sudah ramai :D

      Hapus
  3. Bener banget tuh kang apalagi kalau mengabaikan SEO itu percuma kan kangg

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya kang, seo juga perlu kita perhatikan agar posisi artikel berada di page one google, agar artikel bisa di baca banyak visitor

      Hapus
    2. kalau berbicara tentang page one google saya suka sedih kang karena belum banyak artikel saya yang ada di page one google apalagi di urutan yang pertama kang :( pesaingnya pada berkelas eungg.. :(

      Hapus
  4. saya rasa ada benernya ya kang. itu tuh yang tidak fokus, hehe ada youtube main youtube, ada admob, main admob, terakhir gak sukses semuanya :v

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mba, kita perlu fokus, kalau gak fokus saya yakin bakal malas ngurus blog

      Hapus
  5. oh iya kang Saya pengguna template evo,nah template kan pas di update terus,,, nah kan kalau di updata juga harus upload ulang template,,, nah itu gak masalah yah??

    BalasHapus
    Balasan
    1. nah kalau ini tidak masalah om, justru saya lebih menyarankan di upgrade dari pada di ganti, karena kalau upgrade ini biasanya ada penambahan atau pengurangan fitur, tanpa merubah struktur kode yang penting dalam template itu :-d

      Hapus
  6. hampir saya semua diatas :D
    ngeblog ngasal, gak fokus, gak ngerti seoan :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. yah mbak, untuk blogger wanita mungkin masih banyak yang belum paham seo, tapi cobalah membuat konten yang unik dan menarik dan bisa fokus ke pada blognya misalnya update artikel minimal 1 per hari secara konsisten ^_^

      Hapus
  7. Ternyata blogwalking saja tidak cukup untuk mengoptimalkan kualitas blog, masih banyak yang harus dilakukan agar posuisi blog bisa jadi nomor 1 di Search Engine. Terimakasih kang udah ngingetin...

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya kang maman, blogwalking memang menjadi sebagian dalam seo untuk mendatangkan visitor, namun kita tidak cukup bangga dengan visitor yang hanya di dapat dari blogwalking doang, kita perlu mendatang visitor dari berbagai macam sumber salah satunya dari search engine =)

      Hapus
  8. Pada point ke 5, sering gonta ganti template, itu dulu sering saya lakukan mas. Dan memang gonta-ganti template sangat berpengaruh terhadap traffic, apalagi jika template baru kualitasnya lebih rendah.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mas, kalau saran saya sih template harus di pilih dari awal bikin blog dan jangan pernah di ganti jika memang template itu sudah bagus, dan jika bisa memang template itu perlu di upgrade...

      Hapus
  9. kalau saya semua 6 poin hampir jadi langganan saya mas....gimana ini coba ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehe, yang paling penting sih fokus mas dan membuat konten yang menarik dan bisa bermanfaat bagi setiap orang. :D

      Hapus
  10. masih banyak juga ya mas yang mau ganti ganti template :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau mau ganti harus bisa dulu bedakan kualitas mana yang lebih baik, atau bisa mencobanya dengan menggunakan template baru selama beberapa hari, apakah trafik blog menurun atau malah naik

      Hapus
  11. saya sering banget mengabaikan SEO karena ngga begitu paham. jadi harus terus belajar dan mencari tahu nih

    BalasHapus
    Balasan
    1. ya om, coba belajar seo sedikit-sedikit biar oke kedepannya :D

      Hapus
  12. Mengenai membuat konten asal-asalan, terkadang bisa terjadi kalau dikejar deadline posting mas hehehehehehe.. Tapi bener itu adalah sebuah kesalahan, sehingga baiknya jangan dilakukan...

    Memang kalau berpikiran uang dulu di awal-awal adalah sebuah kesalahan, setuju mas, sebaiknya semangat aja dulu ngeblognya, jadiin hobi dulu dengan bikin konten-konten yang ke depan bisa bikin blog jadi terbangun dengan megah hehehehehehe :D

    Siiip infonya mas, khususnya buat blogger... :D

    BalasHapus
  13. Iya nih kadang kalau lihat template yg lebih bagus bawaanya pengen ganti mulu :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehe, liat punya orang memang kadang pengen ganti, tapi usahakan jangan hehe

      Hapus
  14. Paling parah kesalahan no 1 kadang tak habis pikir sama blogger yang baru bikin bnlog 3 hari sudah tanya gimana cara mendapatkan uangnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. nah itu om, banyak blogger yang hanya sekedar bikin blog untuk mendapatkan uang padahal tidak semudah itu untuk mendapatkan penghasilan dari ngeblog

      Hapus

Jika Ingin Memasukan Kode Script (CSS, HTML, JavaScript) Silahkan Gunakan Kode Dibawah ini :

1. Untuk Menyisipkan Kode Panjang Gunakan <i rel="pre">Kode Disini</i>
2. Untuk Menyisipkan Kode Pendek Gunakan <i rel="code">Kode Disini</i>
3. Untuk Menyisipkan Quote Gunakan <b rel="quote">Catatan Anda</b>
4. Untuk Menyisipkan Gambar Gunakan <i rel="image">URL Gambar</i>
5. Untuk Menyisipkan Video Gunakan <i rel="youtube">URL Video Youtube</i>

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Fast Hosting