www.domainesia.com

Apa Itu Google Sandbox

Apa Itu Google Sandbox - Ficri Pebriyana
Apa Itu Google Sandbox - Google sandbox merupakan sosok yang ditakuti oleh para Blogger, namun ini tidak berbentu wujud ataupun rupa ini hanyalah sebuah algoritma Google yang menyerang terhadap blog atau website kita. Sebelumnya blog Ficri Pebriyana juga sudah memposting artikel mengenai Google Dance yang merupakan sebuah algoritma Google penentu SERP namun tidak menentu atau tidak stabil, terkadang blog kita ada di Halaman 1 Google kadang juga tertinggal jauh dibelakang atau bahkan hilang begitu saja. Lantas apa yang dimaksud dengan google sandbox ? Silahkan simak pengertian google sandbox dibawah ini :

Apa Itu Google Sandbox ?

Google Sandbox adalah suatu tindakan penalty yang diberikan google terhadap suatu blog atau website yang berakibat suatu blog atau website tersebut dihapus dari index google. Penghaspusan suatu artikel atau blog oleh google ini dilakukan secara perlahan seperti pasir hidup yang menyedot secara perlahan apa yang ada disekitarnya. Dengan terkena dampak dari Google Sandbox maka suatu website atau blog akan hilang dari search engine terutama Google. Dan yang lebih parahnya lagi jika ini terjadi kepada blog kita maka dalam jangka waktu yang singkat blog kita dapat terhapus dari pengindexan suatu blog dan hasilnya blog tidak tidak dapat di cari lagi atau hilang dalam hasil pencarian google.

Apa Penyebab Terkena Google Sandbox ?

Penyebab suatu blog atau website terkena dampak dari google sandbox adalah sebagai berikut :

1. Optimasi Yang Berlebihan

Dalam hal ini ketika kita melakukan optimasi pada blog baik itu optimasi SEO On Page maupun SEO Off Page hendaklah dilakukan secara teratur atau masuk akal, dengan jarak waktu yang sudah ditentukan sebelumnya. Yang paling sering dilakukan dalam melakukan optimasi SEO yang berlebihan adalah ketika kita mengikuti sebuah Kontes SEO, tentu para peserta ingin menempati urutan 1 di Google.com ataupun di Google.co.id namun dengan melakukan optimasi yang berlebihan malah sebaliknya artikel kita bisa jauh dibelakang atau bahkan hilang.

2. Kata Kunci Yang Berlebihan

Sama seperti yang pertama, dengan menargetkan suatu kata kunci maka artikel kita dapat muncul dihalam 1 google, namun apa boleh buat ketika terlalu berlebihan menargetkan sebuah katak kunci malah sebaliknya artikel bisa jauh dibelakang atau bahkan hilang, maka sebaiknya dilakukan secara hari-hati dalam menargetkan suatu kata kunci.

3. Artikel Hasil Copy Paste

Jika artikel suatu blog hasil copas atau copy paste ini memang akan ditendang jauh oleh google, sehingga artikel hasil copas akan ada dipaling belakang atau bahkan tidak ada dalam mesin pencari. Ini perlu kita waspadai suatu artikel hasil copy paste dapat berakibat fatal karena google sendiri tidak menyukai artikel yang sama antara blog satu dengan blog lainnya. Jika artikel Anda original atau asli bukan hasil copy paste, namun dalam pencarian google tidak muncul itu berarti blog Anda terkena dampak dari Google Dance.

Bagaimana Caranya Agar Lepas Dari Google Sandbox ?

Sebenarnya cara agar terlebah dari google sandbox ini tidak tau harus bagaimana, ada yang bilang waktu yang dibutuhkan sekitar 6 bulan atau bahkan 1 tahun ini sungguh waktu yang sangat lama, namun saya jelaskan untuk keluar dari google sandbox ini memang tidak tau harus bagaimana dan disini saya hanya menyarankan agar bisa terhindar dari google sandbox, silahkan baca dibawah ini :

1. Lakukan Pengeditan

Google sandbox bisa menyerang suatu website atau blog dengan 2 cara yaitu menyerang kepada homepage sehingga artikel-artikel lainnya akan ikut terserang dan menyerang hanya kepada salah satu artikel.
- Lakukan Pengeditan Homepage
Jika Anda merasa blog dan seluruh artikel Anda tidak muncul dalam pencarian google perlu diperhatikan mungkin saja terkena Google Sandbox dan ini akan sangat berbahaya karena Homepage dan semua artikel akan hilang dalam mesin pencari. Lakukan pengeditan homepage seperti mengurangi link keluar (Outbound Link) dan berhenti melakukan teknik SEO On Page.
- Lakukan Pengeditan Artikel
Dalam hal ini mungkin suatu artikel blog Anda hilang dimesin pencari dan bisa saja terkena Google Sandbox, untuk dapat kembali normal seperti biasanya editlah artikel tersebut dengan menambahkan atau mengurangi beberapa kata atau kalimat dan tidak terlalu memiliki banyak kata kunci.

2. Submit Ulang Sitemap

Silahkan Anda lakukan submit ulang sitemap.xml di Google Webmaster.

3. Membuat Artikel Dengan Tema Google Sandbox

Silahkan Anda buat artikel dengan tema Google Sandbox contohnya seperti artikel ini dan mengarah kepada situs besar seperti Google.com, Google.co.id, Wikipedia, dan juga mengarah ke Google Webmaster Guidelines.

4. Update Artikel

Seperti biasanya buatlah artikel secara teratur, namun artikel harus original dan berkualitas bukan hasil copy paste dari blog lainnya. Lakukan update artikel secara berkala minimal 1-3 dalam waktu sehari, jika Anda masih punya ide untuk membuat artikel baru simpan saja artikel tersebut untuk dipublikasikan besok.

Sekian artikel mengenai Apa Itu Google Sandbox. Kurang lebihnya mohon maaf.
Semoga Bermanfaat...

13 Komentar untuk "Apa Itu Google Sandbox"

  1. tipsnya sangat membantu dan bermanfaat sekali nih mas,
    thanks mas informasi dan ilmunya :)

    BalasHapus
  2. sebagai tambahan mas, edit secara berkala artikel yang telah mati, karena mungkin terlalu banyak artikel pada blog sehingga artikel lama terabaikan oleh pemilik blog, edit artikel merupakan salah satu keseriusan suah blog dalam membangun blog itu sendiri, dan kirimkan selalu peta situs setiap 1-2 artikel yang dipublikasikan, dan yang terakhir ceck secara teratur broken link pada blog (penting)

    BalasHapus
  3. Semoga blog saya tidak masuk ke Google Sandbox,... bahaya...

    BalasHapus
  4. Terima kasih buat ilmunya mencegah atau menangani sandbox.
    Ilmu ini sudah lama saya cari..
    Salam Kenal :)

    BalasHapus
  5. Ohh berarti gak boleh berlebihan ya ,, optimasi nya ya mas ..

    BalasHapus
  6. Wah rasanya blog sy juga kena sanbox...

    Salam dari Pulau Dollar

    BalasHapus
    Balasan
    1. update terus artikelnya, terus berikan backlink, nanti juga keluar sendiri dari sandbox...

      Hapus
  7. Kalau peringkat dalam google.co.id suka naik dan turun.. itu pengaruh apa saja ya?

    BalasHapus

Jika Ingin Memasukan Kode Script (CSS, HTML, JavaScript) Silahkan Gunakan Kode Dibawah ini :

1. Untuk Menyisipkan Kode Panjang Gunakan <i rel="pre">Kode Disini</i>
2. Untuk Menyisipkan Kode Pendek Gunakan <i rel="code">Kode Disini</i>
3. Untuk Menyisipkan Quote Gunakan <b rel="quote">Catatan Anda</b>
4. Untuk Menyisipkan Gambar Gunakan <i rel="image">URL Gambar</i>
5. Untuk Menyisipkan Video Gunakan <i rel="youtube">URL Video Youtube</i>

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Fast Hosting