www.domainesia.com

Cara Menulis Artikel SEO Friendly

Cara Menulis Artikel SEO Friendly - Ficri Pebriyana

Cara Menulis Artikel SEO Friendly - Konten atau artikel merupakan salah satu dari bagian terpenting dari Blog, tanpa adanya artikel maka tidak ada pengunjung atau visitor yang datang ke blog Anda. Maka dari itu menulis artikel sangatlah penting untuk kemajuan blog Anda, namun ada beberapa hal yang harus diperhatikan ketika menulis artikel blog. Tentunya menulis artikel blog tidak hanya sembarangan saja asal jadi tetapi perlu adanya suatu optimasi seo dalam menulis artikel blog, dalam menulis artikel Anda harus memberikan penjelasan secara rinci sehingga pembaca artikel blog Anda akan mudah memahami isi artikel yang Anda tulis, dengan begitu artikel Anda akan disukai oleh pengunjung blog Anda bahkan bisa saja mereka memberikan komentar baik itu komentar bertanya atau komentar mengucapkan terimakasih, maka kesempatan besar untuk menjadi artikel page one atau artikel nomor 1 di search engine akan menjadi lebih mudah.

Tujuan menulis artikel seo friendly tentunya untuk mendapatkan urutan teratas di mesin pencari ? Betul. Sebelumnya saya perna menulis artikel 1000 Backlink Edu Berkualitas High Pagerank, namun tidak hanya itu saja yang perlu Anda perhatikan untuk mendapatkan posisi paling atas di google, Anda perlu menulis sebuah konten yang seo friendly dan bermanfaat bagi para pengunjung blog Anda. Banyak yang mengatakan bahwa "Content is King" yang artinya "Konten adalah Raja" memang benar, yang perlu Anda buat pertama kali sebelum melakukan optimasi seo adalah konten yang seo friendly lalu setelah itu barulah Anda melakukan Optimasi SEO Off Page.

Untuk mendapatkan posisi paling atas di search engine khususnya google tidak ditentukan oleh template, pemilihan keyword, atau link building yang berkualitas, meskipun pada akhirnya poin-poin tersebut sangat penting dalam membangun kualitas seo blog Anda. Tetapi jika Anda menghiraukan atau tidak mengutamakan konten yang Anda tulis maka semuanya akan sia-sia saja, jadi untuk mendapatkan posisi bagus di mesin pencari buatlah artikel seo friendly yang berkualitas.

Berikut adalah beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam menulis artikel seo friendly :

1. Buatlah Judul Artikel Yang Menarik dan Mengandung Kata Kunci

Judul artikel merupakan faktor utama yang harus ditentukan dalam menulis artikel blog, namun terkadang Anda sering lupa saat akan menulis artikel di blog Anda, ide yang telah Anda temukan terkadang lupa begitu saja saat berhadapan dengan komputer atau laptop Anda, maka bacalah artikel Tips Menemukan Ide Menulis Artikel Blog. Setelah memiliki ide untuk menulis artikel di blog Anda cobalah tentukan judul yang akan Anda gunakan dalam artikel blog Anda, contoh judul artikel seo friendly :

1. Cara Menulis Artikel (tidak seo friendly, karena kurang spesifik)
2. Cara Menulis Artikel SEO Friendly (lebih seo friendly, karena lebih spesifik)
3. Cara Menulis Artikel Blog SEO Friendly (lebih seo friendly, karena lebih spesifik)

Kata kunci yang Anda targetkan bisa Anda simpan di depan, tengah, ataupun belakang judul artikel. Misalnya, dari contoh diatas adalah kata kunci yang ditargetkan adalah "Menulis Artikel SEO Friendly" atau "Artikel SEO Friendly" maka ketika Anda menulis artikel masukanlah beberapa kata kunci tersebut pada awal paragraf, pertengahan paragraf, dan akhir paragraf artikel Anda. Dalam memberikan judul artikel biasanya 4 atau 5 kata saja sudah cukup, namun saya sarankah agar Anda menulis artikel lebih dari 3 kata jika kurang dari itu maka persaingan akan semakin sulit hingga akhirnya blog Anda bisa kalah bersaing dengan blog lainnya.

2. Penempatan Keyword Yang Tepat

Dalam menulis artikel seo friendly biasanya mengandung minimal 300-350-400 kata dalam satu artikel, dengan jumlah kata sebanyak itu setidaknya 5% adalah kata kunci, ini berlaku untuk Yahoo, sedangkan untuk mesin telusur google adalah 1,5% - 3,5% saja. Untuk lebih jelasnya silahkan membaca artikel mengenai Keyword Density. Untuk menempatkan keyword silahkan Anda bisa memasukan pada awal paragraf, pertengahan paragraf, dan akhir paragraf artikel Anda seperti yang sudah saya jelaskan diatas.

3. Menggunakan Bahasa Baku Yang Baik dan Benar

Menggunakan bahasa yang baku dalam menulis artikel memang sangat sulit, terkadang kita melenceng dari bahasa Indonesia yang baku karena kebiasaan kita menggunakan bahasa sehari-hari atau bahasa daerah. Pada dasarnya mesin telusur seperti google menerjemahkan suatu bahasa ke bahasa yang lain yaitu dengan bahasa-bahasa yang baku, seperti ketika kita sedang menggunakan Google Translate terkadang bahasa yang diterjemahkan kedalam bahasa Indonesia sulit kita pahami, itu karena bahasa yang digunakan menggunakan bahasa yang sangat baku. Seperti halnya menulis sebuah skripsi atau karya ilmiah dalam menulis artikel juga haru perlu diperhatikan. Berikut contoh bahasa yang baku dan tidak baku :
  • Izin - Ijin
  • Terampil - Trampil
  • Desain - Disain
  • Nomor - Nomer
  • Pikir - Fikir
  • Objek - Obyek
Itulah beberapa contoh kata yang tidak baku, sehingga dalam penulis artikel kadang sulit untuk dipahami. Tetapi kadang-kadang ada saja seorang penulis blog yang menulis dengan menggunakan gaya bahasa sendiri atau bahasa sehari-hari, memang itu semua tidak ada larangannya hanya saja persaingan di mesing pencari mungkin akan lebih berbeda dengan yang menggunakan bahasa yang baku.

4. Mengoptimalkan Permalink

Permalink atau yang bisa diartikan sebagai Permanen Link adalah suatu link atau url permanen yang tidak bisa dirubah lagi karena sudah bersifat permanen. Dengan menggunakan permalink pada artikel yang Anda tulis maka akan sangat berbobot lagi untuk mendapatkan posisi bagus pada mesin pencari, buatlah sebuah permalink yang mengandung kata kucni yang tepat.

Pada umumnya permalink blogger di atur secara otomatis sesuai dengan judul artikel yang Anda gunakan, biasanya permalink otomasi mendeteksi 5 kata saja sesuai judul artikel yang Anda gunakan, namun jika Anda menggunakan permalink secara khusus maka Anda akan bisa memasukan lebih dari 5 kata dalam menggunakan permalink, contohnya sebagai berikut :

Menggunakan Permalink Otomatis

Judul Artikel : Tips dan Trik Menulis Artikel SEO Friendly
Permalink Otomatis : http://www.ficripebriyana.com/2014/10/tips-dan-trik-menulis-artikel.html

Menggunakan Permalink Khusus

Judul Artikel : Tips dan Trik Menulis Artikel SEO Friendly
Permalink Khusus : http://www.ficripebriyana.com/2014/10/tips-dan-trik-menulis-artikel-seo-friendly.html

Dari kedua contoh diatas kita bisa membedakannya, bahwa dengan menggunakan permalink khusus maka kita akan dapat menggubah url atau link untuk artikel tersebut sesuai dengan keinginan kita namun jika menggunakan permalink otomatis maka akan menyesuaikan dengan judul artikelnya.
Menggunakan Permalink Khusus

6. Mengatur Format Tulisan (Bold, Italic, Underline)

Dalam penulisan artikel blog yang seo friendly tentunya banyak faktor yang harus diperhatikan yaitu salah satunya mengatur format tulisan menggunakan Bold, Italic, dan Underline. Fungsi dari mengatur format tulisan yaitu untuk lebih menekankan kepada mesin pencari bahwa keyword yang kita gunakan memiliki format tulisan yang berbeda sehingga mesin pencari google akan lebih mudah mendeteksi keyword yang kita gunakan. Oleh karena itu sangatlah penting mengatur format tulisan dalam menulis artikel blog seo friendly.

Selain untuk lebih menekankan kepada mesin pencari mengenai kata kunci yang ditargetkan, fungsi dari penggunaan tulisan bold, italic dan underline juga memberikan tanda mengenai suatu hal yang penting sehingga pembaca lebih fokus dan mudah mengetahui hal yang paling penting dengan adanya tulisan bold, italic dan underline pada artikel blog.

7. Mengatur Format Heading Artikel

Sebelumnya saya telah menjelaskan mengenai Cara Membuat Dynamic Heading, tetapi hal tersebut hanya cukup digunakan untuk struktur blog saja. Berbeda saat mengatur format heading pada artikel blog, cara menggunakannya seperti pada gambar berikut :
Mengatur Format Heading Artikel
Heading (H2)
Subheading (H3)
Minor heading (H4)

Untuk judul artikel biasanya menggunakan H1 atau H2 tergantung dari template yang Anda gunakan, jika ingin mengubahnya silahkan membaca artikel mengenai Dynamic Heading. Tag heading dibagi menjadi 6 bagian H1, H2, H3, H4, H5, dan H6 masing-masing heading fungsinya tentu berbeda, untuk mengetahuinya silahkan membaca artikel mengenai Apa Fungsi Tag Heading H1 H2 H3 H4 H5 H6.

8. Menggunakan Deskripsi Penelusuran

Setelah Anda menulis artikel pastikan untuk selalu mengisi Deskripsi Penelusuran atau Search Description yang ada pada bagian sidebar blogger. Tidak dianjurkan untuk tidak mengisi deskripsi penelusuran, sangatlah penting mengisi deskripsi penelusuran dengan beberapa kata kunci yang unik, gunakanlah fitur ini dengan sebaik mungkin, masukkan beberapa kalimat tambahan yang belum ada pada postingan Anda yang berguna untuk memberikan maksud kepada pengguna internet ketika mencari sebuah artikel dalam mesin pencari. Meta deskripsi ini akan bermanfaat dan beguna ketika artikel yang dicari memiliki maksud tertentu dan dapat dilihat pada deskripsi mesin pencari, jadi masukkan beberapa kalimat dalam meta deskripsi penelusuran ini dengan kalimat yang memiliki kata kunci.
Menggunakan Deskripsi Penelusuran

9. Menggunakan Internal Link dan External Link

Alangkah baiknya setiap artikel memiliki Internal Link (Link Masuk) dan External Link (Link Keluar), dengan menggunakan internal dan eksternal link maka akan lebih terlihat simpel. Ada beberapa manfaat yang bisa kita dapatkan dengan menggunakan internal link dan eksternal link pada artikel blog, yaitu sebagai berikut :

Internal Link

Internal link biasanya mengarah kepada artikel-artikel lain yang berada didalam blog kita yang berfungsi untuk menjelaskan lebih spesifik lagi. Manfaatnya sebagai berikut :
- Artikel akan mendapatkan pagerank google yang merata, karena artikel yang satu saling terkait dengan artikel lainnya.
- Mengurangi bounce rate, biasanya bounce rate akan berkurang karena pengunjung akan banyak membuka internal link pada setiap artikel.
- Memberikan penjelasan yang lebih spesifik, biasanya para blogger menulis beberapa artikel untuk dijadikan satu artikel saja.
- Menambah pageview blogger, dengan memberikan internal link pada setiap artikel biasanya pengunjung akan membuka link yang ada pada artikel tersebut untuk mengetahui lebih spesifik lagi penjelasan mengenai hal tersebut, sehingga pageview akan bertambah lagi.

External Link

External link biasanya mengarah ke artikel-artikel diluar blog kita, yang biasanya kita jadikan sebuah referensi terpercaya, seperti wikipedia dan lain-lain. Manfaatnya sebagai berikut :
- Menjadikan artikel Anda sebagai sumber terpercaya.
- Memberikan penjelasan tertentu dengan mengarahkan ke situs lain.
- Artikel yang kita buat menjadi lebih simpel karena penjelasan yang lebih detailnya ada pada situs luar.

Perlu Anda perhatikan bahwa dalam menggunakan external link harus memiliki batasan tertentu, karena jika situs yang Anda jadikan sebagai referensi blog Anda tidak baik dimata mesin pencari maka blog Anda juga akan terkena dampaknya, oleh karena itu dalam menggunakan external link diharapkan untuk memberikan nofollow pada link tersebut.

10. Optimasi Gambar dan Link

Optimasi gambar dan link sangat penting dan harus dilakukan, caranya sangat mudah yaitu dengan memberikan tag title dan alt pada gambar, dan memberikan tag title pada link. Optimasi gambar dan link ini penting dilakukan pada zaman HTML5 dan CSS3 karena jika suatu gambar atau link tidak diberikan tag alt dan tag title maka akan terdeteksi error, maka dari itu sangatlah penting dalam optimasi gambar dan link pada artikel blog. Silahkan baca artikelnya mengenai :

Tambahan Sedikit Mengenai Artikel SEO Friendly :

Sekian artikel mengenai Cara Menulis Artikel SEO Friendly. Kurang lebihnya mohon maaf.
Semoga Bermanfaat...

37 Komentar untuk "Cara Menulis Artikel SEO Friendly"

  1. wah harus belajar banyak menulis artikel seo sama mas ficri nih.
    makasih sharingnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehe, iya mas Yanto
      mari sama-sama belajar menulis :D seperti awal masuk SD

      Hapus
    2. Kang Mas Yanto yang Senior saya masih harus belajar banyak tentang SEO. apalagi saya yang masih muda belia di blogging, Harus belajar terus 40 hari 40 malam tanpa henti agar pandai sepandai Mas Ficri ini. :-bd

      Hapus
    3. sudah tidak diragukan lagi mas yanto heheh,, :)

      Hapus
  2. wah lagi-lagi saya dapet pertamax
    mantap

    BalasHapus
  3. masih harus banyak belajar, masih jauh dari kriteria seo bgt, nice share dan sangat bermanfaat.. :)

    BalasHapus
  4. Sampai sekarang saya belum sempurna cara menulis agar artikel saya lebih SEO Friendly Mas Ficri.. sepertinya jawabanya yang Mas Ficri posting ini. saya pelajari dulu dengan hati hati dan perasaan. agar post saya seperti punya Mas Ficri. makasih ya Mas atas Elmu bermanfaat ini :)

    BalasHapus
  5. sangat komplit penjelasanya.... terus berkarya kang...

    BalasHapus
  6. hehe bener juga sih mas,,, untuk masalah merinci artikel kadang agak kesulitan sih apalagi target artikel kita untuk yang newbie,, kadang berbelit belit, harus jelasin panjang - panjang biar bisa dimengerti,,, oh yah untuk deskripsi penelusuran kayaknya saya jarang menggunakan kata kunci seperti contoh diartikel diatas,,, saya kadang deskripsi postingan itu dibuat kayak paragraf, jadi isi deskripsinya menjelaskan kesimpulan isi artikel,,, gimana tuh mas ?? apa ndak masalah ??? :)

    BalasHapus
  7. haha...jadi ingat postingan saya yang terakhir yang sangat tidak membuat orang senang :D
    berarti sangat jelas bahwa postingan saya tidak seo nih :D

    BalasHapus
  8. Cool BangetZ. Anda Blogger terjujur yang pernah saya temui. Terima kasih semoga berkah mas...

    BalasHapus
  9. Saya masih awam soal menulis artikel seo friendly. Selama ini saya menulis artikel hanya tinggal ketik dan publish. Tapi sekarang Alhamdulillah sedikit agak ngerti, berkat postingan mas Ficri

    BalasHapus
  10. Makasih tipsnya, Bang.. Aku masih jauuuh banget ilmunya nih :(

    BalasHapus
  11. Wahh ternyata setelah saya baca baca artikel agan ini saya baru sadar ternyata Kualitas Tulisan saya masi aburadul :3 makasii nih gan atas Ilmunya insya allah akan saya terapkan :)

    BalasHapus
  12. Bagi saya pribadi yang tersulit dalam membuat artikel adalah penempatan Bahasa Baku Yang Baik dan Benar itu Mas, karena terus terang dari segi pendidikan saya hanya mengenyam bangku SD, jadi masih perlu belajar banyak dalam memahami bahasa Indonesia yang Baku.

    BalasHapus
  13. sangat detail nih mas postingannya, izin belajar ya untuk bikin artikel yang seo, soalnya saya belum bisa nih ;)

    BalasHapus
  14. karena saya gak terlalu berburu yang namanya seo, jadi gak pernah pernah memikirkan hal ini mas. tapi jadi ingin coba juga, makasih ne masih caranya,

    BalasHapus
  15. waduhhh.. ini yang tak pernah saya perhatikan..
    saya asal nulis aja malah kadang copas,,,
    artikelnya mantap saya,, mau coba praktekan sobat mohon doanya

    salam kenal ya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama lah sob.. saya juga gak pernah memperhatikan hal ini .....

      Hapus
  16. dapat ilmu tambahan lagi tentang menulis artikel yg seo. makasih ilmu nya mas :)

    BalasHapus
  17. wah mantap.. jadi termotivasi nih buat nulis artikel :D

    BalasHapus
  18. wah artikelnya bagus, nambah ilmu lagi, tapi sayangnya saya ga begitu lihai dalam menulis

    BalasHapus
  19. kunjungan perdana, salam perkenalan dan salam persahabatan ya, kalau soal tulis menulis wah saya kurang bisa hehehe

    BalasHapus
  20. bener-bener harus belajar banyak nih soal tulis menulis artikel, solanya saya paling ga bisa banget

    BalasHapus
  21. belum bisa nih bikin artikel seo, masih suka suka ngawur dalam menulis artikel saya :D

    BalasHapus
  22. bermanfaat banget untuk orang seperti ane yang sedang belajar, silahkan jika berkenan kunjungi blog saya
    kupas info

    BalasHapus
  23. wih keren om, setiap orang yg pasang link aktif, bakal kaget nih, seperti ane

    BalasHapus
  24. Nyoba tipsnya gan, masalahnya ane jarang memperhatikan ketika menulis artikel, sangat lengkap sekali

    BalasHapus
  25. Thanks mas ane coba supaya artikel yang ane buat jadi seo friendly...

    BalasHapus
  26. dulu pas pertama kali buat blog, blog saya ada diurutan no 1di google walaupun baru satu artikel itu pun cuman iseng-iseng, saya heran apakah karna judul postingan atau isi artikelnya karena malas, blog saya akhirnya dibakar sama siembah pas sekarang pengen serius ko susahya bisa nangkring diposisi puncak.

    BalasHapus
  27. thx gan.......nambah ilmu lagi nih buat ane :)

    BalasHapus
  28. Bagus artikel cara seo blog nya min, saya coba pahami dan terapkan ya. Makasih min

    BalasHapus
  29. saya belum bisa dan perlu banyak belajar lagi untuk membuat artikel seo friendly

    BalasHapus

Jika Ingin Memasukan Kode Script (CSS, HTML, JavaScript) Silahkan Gunakan Kode Dibawah ini :

1. Untuk Menyisipkan Kode Panjang Gunakan <i rel="pre">Kode Disini</i>
2. Untuk Menyisipkan Kode Pendek Gunakan <i rel="code">Kode Disini</i>
3. Untuk Menyisipkan Quote Gunakan <b rel="quote">Catatan Anda</b>
4. Untuk Menyisipkan Gambar Gunakan <i rel="image">URL Gambar</i>
5. Untuk Menyisipkan Video Gunakan <i rel="youtube">URL Video Youtube</i>

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Fast Hosting